3 hari gak nulis

· 2 minute read

Dari tanggal 22 - 24 aku gak nulis. 3 hari. Belum pernah 3 hari secara bersamaan aku gak nulis. Aku bahkan gak inget aku mesti nulis harian.

Ternyata aku lagi ada kerjaan. Aku lagi sibuk, sebenarnya bisa aja sambil sibuk sambil nulis 5 menit, tapi kesibukan ini bikin lupa. Berarti aku memang sudah tidak meluangkan waktu untuk menulis ini.

Dulu memang aku meluangkan waktu untuk menulis. Di waktu yang sama, jam 4-5 sore di teras. Aku beneran luangkan, makanya pingin gak pingin nulis aku tetap nulis. Kalau sekarang udah enggak. Bisa jam 11 malem aku nulis, bisa pagi bangun tidur, bisa siang kayak sekarang, bisa juga hari ini gak nulis besoknya nulis 2 tulisan. Tidak sama, ketidaksamaan itu bikin lupa, bikin menulis ini menjadi sesuatu yang seperti optional

Tapi memang aku bikin ini menjadi optional, karena, aku udah achieve bisa setahun konsisten itu membuatku aku merasa mencapai “goals” ku. Padahal, enggak sih, menulis mah menulis aja.

Point yang mau aku sampaikan disini, suatu habit, yang sudah dilaksanakan berkali-kali bisa saja tetap kita lupa karena, ada perubahan sedikit demi sedikit. Perubahan waktu, perubahan tempat, yang tidak selalu sama, jadinya kita lupa bahwa itu harus dilakukan. Apalagi tidak ada efek fisik ketika melakukan itu, jadinya ya beneran lupa.

Tapi memang akhir-akhir ini habit yang mau kubangun, dan sudah kubangun perlahan-lahan jadi sulit sekali dilakukan. Kayak males banget, gak enjoy, kayak jadi chore. Tapi tentu saja aku tau itu, dan aku gak mau terperangkap suasana hati kayak gitu. Sulit gak sulit aku bakal tetap lakukan. Aku gak suka olahraga, udah males banget jenuh, ditambah tangan kiriku masih suka sakit jadi gak bisa nambah beban, makanya aku mau cepat-cepat selesai, aku lakukan di pagi hari.

comments powered by Disqus