77

· 2 minute read

Dirgahayu ke-77 Indonesiaku. Aku udah lama tidak merasakan suasana 17-an. Terakhir mungkin waktu SMA kali, karena ada serangkaian acara 17-an yang bikin event ini tu jadi teringat.

Semoga di tahun kemerdekaan yang genap 77 tahun ini, indonesia semakin maju. Doa yang sangat klise, tapi yaa sebenarnya itu aja doaku.

Tapi kepada siapa sih sebenarnya kita berdoa? kepada bangsa indonesia, kita adalah salah bagian dari bangsa indonesia. Jadi aku sebenarnya berdoa kepada diri sendiri sebenarnya.

Jadi dari level kita, dari level individual, bagaimana sih kita bisa berkontribusi untuk memajukan bangsa kita ini? Sebenarnya, sesimple kita harus menjadi lebih baik aja. Menjadi versi terbaik diri. Klise lagi kan jawabannya? Memang hahaha.

Setelah menjadi versi terbaik diri, baru kita pancarkan aura positif kita ke orang lain. Bantu orang lain menjadi versi terbaik dirinya.

Mungkin tahun 2020 temenku dateng dari jakarta terus nraktir makan. Setelah mau aku traktir balik dia bilang “dah fan, pay it forward aja”. Aku searching pay it forward artinya gini. Kebaikan yang kita dapatkan dari orang, jangan bales ke orang itu lagi, tapi bales ke orang lain. Dengan konsep ini harapannya semua orang akan mendapatkan kebaikan dan akhirnya lingkaran kita akan isinya kebaikan yang terus berdatangan.

Secara teori cukup solid, tapi praktik tentu saja tidak. Tapi jangan itu dijadikan keraguan untuk tidak melakukan pay it forward. Gak ada salahnya. Sebarlah kebaikan.

Sekali lagi, dirgayahu republik indonesia. Merdeka!

comments powered by Disqus