Apa yang bikin kerja gak enak

· 2 minute read

Yang sebenarnya membuat kerja tidak enak adalah, impossible task, deadline ketat, dan instrksi untuk melakukan sesuatu yang ribet, padahal bisa dibikin lebih simple dan mudah. Setelah aku kerja 4 tahun lebih, mungkin ini yang bikin kenapa kerja bisa jadi tidak enak.

Pertama kita bahas impossible task. Ketika kita berhadapan atas, kerjaan atau tugas yang diberikan dan ternyata tugasnya itu diluar normal, tentu saja kita jadi males. Pertama, karena kita tau, betapa berusaha kita untuk menyelesaikan itu, itu tidak akan pernah bisa terselesaikan. Kedua, meskipun ini ada chance untuk bisa diselesaikan, mungkin perlu pengorbanan jam lembur yang tidak dibayar untuk menyelesaikan. Kita kerja untuk nyari duit, tapi apabila kita kerja gak di bayar, tentu saja itu sudah sangat bertentangan.

Kedua deadline ketat. Ini mungkin cukup bersinggunangan dengan yang pertama. Deadline ketat membuat kita kerja ekstra. 8 jam yang biasanya cuma kerja 2 jam sisanya haha hehe, sekarang bisa jadi kerja 8 jam bersih. Dan bahkan akhirnya jadi lembur. Cerita sama, lembur cuma dibayar pake kfc.

Ketika, instruksi untuk melakukan sesuatu yang sebenarnya jalan mudahnya ada. Ketika kita diinstruksikan untuk melakukan sesuatu, tapi itu menginstruksikan untuk ambil jalan yang sulit daripada jalan yang mudah, ada perbedaan ekspektasi dan realita dari kitanya sendiri. Sehingga ada gejolak resistance dalam diri yang membuat kerja menjadi tidak enak.

Mungkin itu sebagian yang besarnya, tapi sebenarnya kalau mau didetailkan tentu aja ada lebih banyak lagi. Sebagian besar orang cabut kerja karena, gaji tidak sesuai, overwork, atau boss yang tidak sesuai. Dari 3 ini saja bisa kita dapatkan turunannya, dan kita bisa menemukan kenapa.

Coba cari tau kalau kalian kenapa enggak enak dengan kerjaan.

comments powered by Disqus