Berolahraga

· 2 minute read

Dari dulu kita sudah dikasi tau bahwa rajin-rajinlah olahraga supaya tetap sehat. Tapi memang masih banyak orang yang jarang berolahraga. Jarang bahkan sampai tidak pernah dalam beberapa tahun belakangan ini dengan alasan sibuk, susah, ribet dan lain-lain.

Olahraga itu melelahkan, bikin otot pegel juga. Terlihat sangat jelas kalau olahraga itu merepotkan. Tapi ternyata, badan kita itu berkata sebaliknya. Ketika habis olahraga, badan kita malah merasa lebih segar.

Sebagai orang yang olahraga 5 hari dalam seminggu, rutin dalam setahun belakangan ini. Aku bisa sharing pengalaman, apa sih yang bisa membuat kita jadi rajin olahraga.

  1. Enjoy prosesnya. Salah satu cara untuk enjoy proses adalah kepercayaan, ketika sesi olahraga ini selesai, ada reward yang bisa aku dapatkan. Banyak orang bilang, sehabis olahraga badan rasanya lebih segar, lebih enteng. Tidur bisa lebih nyenyak. Jadikan itu reward. Banyak apps juga yang bisa kita gunakan untuk mencatat progress olahraga kita. Misal mencatat proses berat badan, massa otot, beban angkatan, jarak tempuh lari dll. Analisa itu bisa memicu kita untuk
  2. Jadikan itu sistem. Kita tidak bisa mengandalkan willpower untuk terus konsisten berolahraga, karena aku ngerasa, walaupun udah rutin setahun olahraga, selalu ada hari-hari yang malesss banget buat memulai. Bikin olahragamu jadi rutinitas sehari-hari. Misal, sehabis pulang kantor adalah jam olahraga. Lakukan itu terus menerus, di jam dan lokasi yang sama kalau perlu agar pikiran dan badan kita nanti akan terbiasa dengan itu. Aku sekarang olahraga tiap pagi. Udah otomatis, udah gak mikir lagi. Bangun tidur, pipis, minum, ke halaman, ambil barbel.

Terus sekarang benefitnya. Berdasarkan pengalamanku setahun lebih olahraga rutin, badan ini memang jadi nambah muscular. Badan jadi gak gampang pegel. Di kategori lain aku merasa daya fokusku meningkat, aku pernah deepwork 4 jam penuh tanpa distraksi. YKalau pada zaman dulu aku yakin aku tidak akan bisa.

Melihat orang-orang tua yang sudah renta, lalu ngeliat Ade Rai yang umur 50an masih sehat gitu membuatku percaya juga bahwa olahraga ini memang works. Beliau testimoni hidup orang yang rajin olahraga, bisa bikin awet muda.

Aku men-encourage kalian untuk olahraga, yang belum pernah bisa coba 3x dalam seminggu. Olahraga apapun.. Awal-awal jangan terlalu berat, yang ringan ringan aja dulu. 5 menit pun tidak apa-apa. Baru nanti tingkatkan dikit-dikit.

comments powered by Disqus