City Energy

· 2 minute read

Setelah 4 hari 5 malam ada di Jakarta, aku rasa ada yang berbeda. Ya, energy dari kota ini tuh berbeda.

Tiap pagi, aku ke kantor naik MRT. Ngeliat orang jam 7.30 udah rame di MRT. Masuk, wajahnya setengah ngantuk setengah marah, mungkin marah karena kurang mendapatkan tidur yang cukup karena sesi kerja kemarin harinya.

Di gojek, jalanan macet. Tidak ada yang mau ngalah, bel keras menunjukan adanya kemacetan karena memang beneran macet atau ada yang mau nyebrang dan akhirnya jadi macet dibelakangnya. Disisi lain orang yang mau nyebrang susah nyebrang karena di arah berlawanan tidak ada yang mau mengalah.

Selama 4 hari, gitu terus setiap hari. Ada yang berbeda dari energi kota ini dengan di Denpasar. Akhirnya aku sadar setelah 3 tahun berlibur dari merantau. Padahal dulu udah pernah setahun disini.

Jakarta membuat orang-orang yang berada didalamnya tergerus dalam arus kegentingan setiap hari. Semua harus serba cepat, semua harus serba duluan. Kerja-kerja. Jakarta atau orang-orangnya ya yang bikin kotanya kayak gitu? Yah problem ayam dan telur lah ya, pokoknya gitu.

Disatu sisi aku juga merasakan energinya dan, memang serasa tertarik juga. Aku jadi bangun pagi, ikut arus menuju kantor, di kantor kerja fokus. Kadang di kos juga masih kerja. Yang menjadi aneh adalah, ini merupakan sesuatu yang tidak wajar, tapi tidak ada gejolak di hati untuk merasa dicurangi. Aku merasa juga orang-orang dalam kota ini juga begitu. Merasa tidak ada yang salah, dan pada akhirnya tubuh dan pikiran ini juga tidak bisa boong. Kerja kerja kerja tipes. Aneh.

Di Bali. Semua relax, gak pake urat. Oh tentu saja beda kalau ketemu Plat R dijalan. Sama juga di jogja, aku merasakan vibes yang sama di bali dan di jogja. Belum pernah lama di jogja jadi belum bisa mengartikulasikannya.

comments powered by Disqus