Dead body on the street

· 2 minute read

Semua crypto crash -60% sampe -90%. Portofolio merah. Bahkan yang mengclaim dirinya sebagai stable coin, yang harusnya stabil terus $1 sempet turun ke $0.3 (Sekarang waktu nulis lagi naik turun di 0.5$). Mungkin ini yang dibilang orang-orang jaman dulu “blood on the street”.

Crash ini menurutku di-trigger oleh stable coin $UST, yang digadang-gadang menjadi decentralized stable coin dengan algoritmanya yang didewa-dewakan supaya tetap stabil, down ke $0.3. Kabarnya, itu di attack oleh sekelompok group yang tidak suka atas adanya $UST, the first decentralized stable coin.

Dari sana mulai crypto crash, -60%, -90%. $LUNA yang dari $160 bisa jadi kayaknya sekarang $0.xx dalam kurun waktu 2 hari. Crazy.

Aku sudah pernah kena crypto crash tahun lalu, tapi kali ini aku merasa lebih brutal. Mungkin karena case $UST ini. Aku banyak liat post orang-orang yang ingin bunuh diri, even ada yang cerita temennya udah bunuh diri karena mensave hampir 43 tahun kekayaannya ke $UST. Ini seharusnya gak terjadi, gak habis pikir, dan feels bad at the same time. Kalau ini udah bukan blood on the street lagi, dead body on the street namanya ini. Doa terbaik untuk mereka.

Apakah ini bakal recover? Jujur aku tidak cukup pede buat bilang bakal recover, at least di tahun ini. Karena aku di industri juga, baru satu tahun kurang, dan tidak seintens itu.

Tapi satu hal yang sudah aku tau, investasi harus kuat mental. Yang gak kuat, bakal tidak sabaran dan lose money on the way. Tapi disisi lain remember my friend, strategi terbaik dalam investasi adalah selalu invest, sebanyak yang kamu bakal rela kalau itu bakal hilang.

comments powered by Disqus