Defi

· 2 minute read

Defi: Decentralized finance. Salah satu penerapan blockchain lah. Beberapa bulan kedepan aku mau coba masuk ke Defi ini, so let’s see apa aja yang aku bisa jelaskan tentang defi untuk sekarang.

Hadirnya Cex (Centralized Exchange kayak indodax, tokocrypto, binance dkk) cukup kontradiksi. The blockchain itself is decentralized technology, tapi kenapa masih dilakukan di centralized exchange (KYC Sucks). Jadi munculah inovasi, Dex. Decentralized Exchange pertama kalau gak salah Uniswap.

Transaksi jual beli mata uang kripto di cex: Jadi kalau mau trading jual, harus ada yang pasang beli begitu juga sebaliknya. Kadang cex juga bekerja sama dengan third party untuk memfasilitasi pasang buy dan sell ini, supaya experience user serasa lebih smooth, dan asset yang diperdagangkan serasa lebih liquid.

Instead menggunakan cara diatas, Dex mengaproach cara lain. Mereka menggunakan liquidity provider.

Liquidity provider tugasnya patungan untuk menjaga likuiditas dari pasangan asset (case ini token kripto) yang mau ditukar. Jadi user bisa patungan, supaya pool dari pair asset itu ready, dan trading bisa tukaran langsung ke pool itu. Jadi semakin banyak pair asset di pool, semakin liquid dan harganya semakin stabil.

Terus kenapa user mau menjadi liquidity provider? Dex memberikan imbalan. User yang menjadi liquidity provider dikasi imbalan oleh dex, makanya orang-orang mau menjadi itu. Imbalannya biasanya token native dari dex-nya itu, bisa persenan dari transaksi yang terjadi, bisa juga dalam bentuk APR (Annual Percentage Rate).

Dex tercipta. User bisa transaksi tanpa KYC. Lalu ada inovasi lagi. Gimana kalau kita bawa fitur-fitur finansial ke dex. Dex ditambahin fitur-fitur kayak borrow-lending, deposito dkk. Dex sudah tidak melakukan exchange saja, sekarang dex sudah menjadi defi, karena fiturnya sudah rich. Defi 2.0 lahir.

What so good about Defi? No KYC!. Aku pertama masuk defi itu tertarik karena reward APR menjadi liquidity provider (LP) itu gede-gede. Diatas 100% pertahun itu banyak. Sekarang Defi menjadi alternative trading di spot market. Bear market gini tapi reward LP tetap jalan, portofolio jadi tetap hijau.

comments powered by Disqus