Drama OpenAI

· 2 minute read

TLDR: Arah OpenAI tidak sesuai dengan visi dan misi yang dulu dicetus oleh founder, sehingga sang CEO, SAM Altman di kick dari perusahaan.

2 Hari lalu, CEO OpenAI @sama, ngetweet bakal ada berita yang dikabarkan, dan tweetnya bau-bau farewell gitu. Ditambah Head of AI nya, Greg juga melakukan hal yang sama, jadi netizen mengasumsikan bahwa, dia bakal di pecat.

Dan benar saja, kemarin, info Sam di pecat, issue yang masih kurang tau kenapa, bahkan dia pun kaget, karena tiba-tiba di pecat. Tapi netizen menyelidiki, kemungkinan Sam dipecat karena, arah OpenAI yang dibawa oleh Sam itu sudah tidak sejalur dengan visi misi founder OpenAI. Sam membawa itu ke jalur profit company ,sedangkah OpenAI sejatinya adalah Non-profit.

Tapi tentu saja kita tau, kenapa Sam sangat gembor-gembor untuk nyari investor untuk suntik dana ke OpenAI, dan kenapa butuh bayaran untuk user menggunakan fitur yang disediadakan. Menyediakan Generative AI se powerful ini tidak murah.

Riset butuh duit, tapi mana ada investor yang mau nyuntik dana apabila tidak bisa timbal balik dari perusahaan itu. Sehingga non-profit itu bisa dibilang sesuatu yang akan memperlambat riset AI di OpenAI, yang menjadi tujuan awalnya. Sehingga, mungkin Sam, mencoba mengambil jalan berputar dulu untuk sekarang, capital ada, riset ada, walaupun visi misi melenceng dikit.

Ternyata shareholder representatif tidak suka, dan jadinya di kick deh.

Bumerang, pemecatan Sam ternyata jadi bumeran buat OpenAI. Banyak pegawai bertalenta darisana, ikut untuk resign apabila Sam beneran di pecat. Di twitter, semua saling reply “love” untuk setiap farewell yang di start oleh Sam, pegawainya juga pada ikutan.

Investor gak suka, ada desakan dari investor untuk menarik kembali Sam, karena yaa, investor kan mau untung ya, dengan melihat sentimen negatif dari pemecatan Sam, investor gak suka.

Para board linglung, 24 jam semenjak official pemecetan, ada issue lagi Sam mau di tarik. Ini sedikit lebih mirip seperti kisah Steve Jobs. Yang di kick oleh Apple, tapi 12 tahun kemudian ditarik kembali. Bedanya, apple butuh 12 tahun untuk sadar, OpenAI cukup 1 hari aja udah sadar, karena desakan investor.

Tapi sepertinya kepercayaan Sam kepada board sudah terpecah, sehingga, sekarang malah Sam yang menolaknya. Sam menolak, talent-talentnya juga tetap ikutan nolak dan ikut mau kemana Sam nanti berlabuh.

Dan tadi, setelah pulang kerja, aku buka twitter sebentar dan udah dapat info kemana Sam berlabuh. Ya, Sam sekarang menjadi pegawai microsoft. Sam dan Greg akan dibawah microsft, bikin grup baru, perusahaan kecil di bawah microsoft sebagai “innovator”.

Apa yang bisa diambil dari sini? Akhirnya Sam bakal pake Teams juga sama kayak aku.

comments powered by Disqus