Free Speech

· 2 minute read

Twitter dibeli Elon Musk. Sesuai yang aku tulis disini:

Elon Musk Buy Twitter

Aku pede bahwa ini akan terjadi. Jadi yang akan dilakukan ketika sudah membeli twitter adalah, membuat misi-misi agar Free Speech bisa terjadi di twitter. Tapi aku jadi mikir, gimana sih, apa saja sih yang harus dilakukan agar free speech ini bisa beneran tercapai di twitter?

Free speech, kebebasan berbicara. Kalau ada orang yang gak kamu suka, ngomong sesuatu yang gak kamu suka, dan itu boleh, itu udah free speech namanya. Apakah twitter selama ini tidak free speech? Ooo tentu saja tidak. Banyak akun yang diclose, diblockir, kayak Donald Trump, JRX. Yaa karena ada orang yang gak suka terhadap dia, atau perkataannya dia, dan orang itu punya power di twitter.

Terus sekarang Elon empu nya twitter, apakah nanti dia juga bakal semena-mena? Kalau aku melihat karakteristiknya dia, sebagai billionaire + tech geek + inovator, menurutku ada kemungkinan tapi kecil. Kemungkinannya terjadi ketika ada suatu event yang membuat perekonomiannya dia menjadi berbalik 180 derajat akibat keputusan ini.

Tapi balik lagi ke apa aja langkah-langkah supaya Free Speech ini ada? Sebenernya udah di state sih beberapa sama Elon:

  • Bikin algoritma menjadi open source Dengan algoritma timeline menjadi open source, user bisa menjadi lebih percaya ke platform, tidak ada yang disembunyi-bunyikan. Tidak ada gaib-gaib.
  • Musnahkan bot dan akun kompor, verify all human Musnahkan bot spam dan akun kompor. Verify semua akun yang dibelakanannya beneran orang. Kalau aku liat ini, mungkin Public API Twitter bakal perlu beberapa limitasi.
  • Refractor user report akun Orang yang kena suspend, itu gak jarang karena report dari orang beneran. Dan di report karena twit nya dia gak disukai sama banyak orang (jrx). Dan ini bisa aja terjadi kedepannya, lagi, kalau report akun ini belum di refractor. Ini salah satu menghambat free speech.

Lumayan excited ngeliat perkembangan twitter nanti. Tapi satu fakta yang sudah terjadi, free speech ini, enggak free. Harganya 44 Triliyun hahaha.

comments powered by Disqus