Free write 5 mintues: Build and Sell

· 1 minute read

Free write 5 mintues: Build and Sell

Tags: Free Write Date: September 28, 2021

Aku baru habis baca tweet, kira-kira isinya begini:

“If you can build and sell, you will be unstoppable”.

Kalo kamu bisa bikin sesuai dan menjualnya sekaligus, kamu bakal enggak terkalahkan. Tweet ini menurutku sangat membawa kebenaran tentang dunia enterpreuner.

Kalau cuma bisa salah satu? Outsource salah satunya. Kalau enggak bisa keduanya? Modalin orang/organisasi yang bisa (VC). Kalau aku liat diriku saat ini, apakah aku punya 2 skill tersebut?

Dari sisi build, aku bisa build apps, kalau di konteks ini anggap aja fullstack.

Teknologi terus berkembang, cara membuat/mengembangkan aplikasi terus nambah. Aku mulai mikir bahwa, untuk fullstack, sepertinya aku belum punya “senjata” yang siap pakai kapan aja. Menurutku kita enggak mesti mengikuti jaman seperti itu.

Cukup mengurucutkan pilihan teknik pengembangan apps fullstack ke salah satu aja. Supaya fokus dan ilmu tersebut bisa dipakai buat bikin project/product lainnya. Walaupun udah jadul, while it works, it works.

Untuk sell, selama ini pernah buka jasa cuci sepatu aja, jadi experience “sell” ku baru disana. Belum relevan dengan apa yang bisa aku build saat ini.

Tentu “sell” jaman sekarang sangat membutuhkan internet sebagai media nya. Internet Marketing. Dan aku belum pernah sama sekali menyentuh dunia tersebut.

comments powered by Disqus