Free Write 5 Minutes: Belajar setiap hari

· 2 minute read

Kalau ada habit yang mau aku bentuk, aku mau bisa belajar setiap hari. Aku pernah nyoba belajar 30 menit sehari sekali. Pakai timer, fokus, kalau sudah lebih 30 menit stop. Tapi berjalan 5 hari aja. Dan selama 5 hari itu, aku kaget bisa banyak ilmu yang aku dapat, dalam kurun waktu 5 hari. Gimana kalau habit ini bisa berjalan bertahun tahun ya. Belajar 30 menit sehari, dalam 5 tahun. Bakal keren sih.

Kemarin itu aku lagi ingin tau cari topic tentang slow living. Yang intinya, hidup slow, di tengah-tengah dunia yang sangat cepat berubah, dan kita tidak perlu mengikuti itu semua. Cukup membuka pikiran, dan cukup bisa membuat aku tau, nanti kedepannya kayaknya aku mau mengarah kesana. Goalsku kayaknya akan kesana.

Kenapa cuma berjalan 5 hari saja? Kalau aku ingat-ingat lagi, ada beberapa alasan: Pertama, gak tau mau belajar topic apa. Waktu itu aku mau coba belajar topic slow living selama seminggu. Tapi dalam waktu 5 hari, kayaknya hampir 60% konten di internet intisarinya udah dapet lah tentang itu. Jadinya langsung puas, dan stop melanjutkan habit. Karena belum kepikiran untuk belajar hal lain dan akhirnya momentum hilang. Jadi kalau menurutku next, aku harus punya list topic yang mau dipelajari. Kedua, tidak mencatat. Ini kesalahan kedua karena aku tidak mendokumentasikan hasil belajarku. Sehingga topic yang kupelajari cuma ingat dikit-dikit, lupa detail ingat garis besar. Next mungkin ketika mulai lagi, tiap hari atau enggak perlu tiap hari dah summarize, catet hasil belajar. Aku yakin bakal berguna

comments powered by Disqus