Free Write 5 Minutes: Bemo

· 2 minute read

Tadi aku sama sepupu makan diluar, sambil ngobrol hingga akhirnya entah kenapa sampai ke topik bemo. Gimana kita dulu waktu sekolah sehari-hari selalu naik bemo. Terutama pada saat pulang sekolah.

Bemo ini angkot lah ya bahasa indonesianya, yang punya jalurnya masing-masing. Biasanya dibedain dengan warna. Dan aku baru tau bemo itu hanya bahasa localized ketika aku merantau. Kalau gak salah jamanku dulu tarifnya flat 1000. Tadi sepupku cerita jamannya dia smp, tarifnya udah 2000.

Supir bemo ini memang kadang pilih-pilih customer, memang dia punya jalur sendiri, tapi di jam-jam tertentu, dia males untuk di jalur itu. Alasannya bisa sepi, atau kadang karena macet. Ketika dikondisi itu, katanya supirnya dibayar dobel baru mau nganterin.

Adikku cerita dia pernah sampe nangis bemonya enggak mau nganter dia ke rumah seperti biasa karena dia pulang kesorean habis dari warnet. Even supirnya sampe ngasi duit 2000 biar dia bisa nyari bemo lain, which is enggak ada yang mau nganter juga. Ngakak gaktuh.

Kalau aku pengalaman lucu naik bemo, paling pernah ketiduran aja, waktu itu aku sama kakaku pulang sekolah naik bemo, kakaku udah bayar, udah turun, tapi aku ketinggalan di bemo.

Yeah bemo lumayan mewarnai kehidupan sekolahku lah. Tapi ada sesuatu yang bikin bemo tuh, kalau dulu ketemu bemo rasanya senang. Mungkin kalau aku pikir-pikir sekarang, sepertinya kayak gini:

Anak sekolah dulu, hal yang paling menyenangkan adalah bel pulang sekolah. Termasuk aku. Dulu aku setiap pulang sekolah naik bemo. Ketemu bemo adalah trigger yang memberitahu otak ku bahwa, bemo = pulang sekolah = fun. Jadinya setiap ketemu bemo, aku jadi fun. Kira-kira seperti logikanya.

Selain itu, bemo itu enggak melulu dapet loh, aku paling lama bisa 1 jam nunggu bemo. Dan itu worst experience lah. Dulu hal yang paling menakutkan adalah tidak dijemput orang tua, kalau dalam kasusku ya enggak dapet demo. Tapi enggak pernah sampai nangis sih.

comments powered by Disqus