Free Write 5 Minutes: Borgol Emas

· 1 minute read

Borgol emas, kamu dikasi kehidupan yang secure, tapi mesti melakukan sesuatu yang tidak kamu enjoy. Paling gampang contohnya tentu saja, fase hidup yang bakal paling lama kita lalui: Kerja.

Kalau mau jadi hidup aman, bangun karir menjadi karyawan di perusahaan bumns atau jadi pns. Atau kalau kamu memang bener-bener pingin kaya dengan jadi karyawan, dapet gaji top 5% dunia, kerja di big tech company di amerika serikat, di silicon valley. Kerja disana 10-15 tahun aku yakin udah bisa jadi milyarder. Hidup secure, udah enggak mikirin lagi untuk pengeluaran ini itu. Tapi tentu waktumu, dihabiskan untuk kerja aja. Kayak di borgol, tapi borgolnya dibuat dari emas. We have luxury, but not freedom.

Menurutku enggak ada yang salah dengan itu. Tapi entah kenapa, dijaman sekarang, orang yang sudah mendapatkan cukup informasi tentang “kebebasan”, lebih milih untuk menghindari itu. Biasanya cuma nyicip 1-3 tahun, setelah itu cabs.

Tentu orang-orang lebih milih “borgol emas” itu ada juga dan banyak. Tapi menurutku, ada 2 hal yang membedakan orang yang milih itu atau enggak. Informasi, dan keinginan untuk pergi dari zona nyaman. Walaupun dibilang diborgol, tapi setelah sekian lama kita jadi nyaman. Untuk keluar darisana, banyak ketidakpastian yang bakal terjadi. Banyak orang yang tidak mau melalui itu.

comments powered by Disqus