Free Write 5 Minutes: Cara agar tidak emosi

· 2 minute read

Emosi di indonesia konteksnya itu marah dan kesal. Walaupun sedih, senang dll itu juga termasuk emosi, tapi yang dibahas sekarang bukan itu.

Kenapa kita emosi? Salah satunya karena kita dirugikan. Contohnya, boss sering nyuruh overwork tanpa benefit tambahan atau tetangga bakar sampah terus asapnya masuk rumah. Tapi faktor utamanya biasanya karena sikap dari lawan bicara kita, yg paling sering ya salah tapi enggak minta maaf.

Kalau kita sudah terpancing emosi, menurutku kita kalah, karena kalau sudah pake emosi, kita dijauhkan dari solusi. Yang kita butuhkan cuma solusi, gk usah pake emosi.

Jadi gimana cara agar tidak terpancing emosi?

Simulasikan di pikiran

Kalau kita emosi dengan orang, kita coba simulasikan di kepala kita. Bagaimana kita marahin dia, nonjok dia, menang argumen dengan dia. Harapannya otak kita mengaggap itu real dan emosi itu mereda dan hati kita sudah lebih tenang.

Jalur emosi itu tidak keren

Ketika kita dihadapkan di situasi masalah yang bikin emosi, selalu ingat menyelesaikannya dengan emosi itu pilihan yang tidak keren. Mungkin kalau cowok merasa gagah dan kuat ya, bentak2, fisik, sarkasme. Trust me, it is not, setidaknya pada jaman sekarang ini. Selalu ambil pilihan tanpa emosi. Semakin tenang semakin baik.

Ingat baik-baiknya orang itu

Gak jarang orang yg bikin emosi itu orang di sekitar kita. Kalau itu terjadi, selalu inget sifat2 baik orang tersebut ke kita. Jangan sampai 1 kesalahan, kita melupakan 99 kebaikannya.

comments powered by Disqus