Free Write 5 Minutes: Curious with plus mindset

· 1 minute read

Kemarin aku nonton interview elon musk. Ketika ditanya apa pesan yang mau disampaikan atau nasehat buat anak muda dan anak kecil yang masih sekolah, elon nyebut ada dua. Read a lot of books dan jangan main zero sum game. Coba kita lihat lebih detail.

Elon musk men-encourage untuk membaca banyak buku, tapi intinya bukan disitu. Elon nyuruh untuk banyak-banyak mencoba sesuatu, agar apa yang kita curious atau sukai ketemu dan match dengan apa yang kita talentakan. Salah satu cara yang paling cepat untuk skimming dan discovery adalah dengan membaca banyak buku. Cukup tau general ideas nya aja, sampai ketemu sesuatu yang kita sukai baru boleh go deeper, masuk lebih ke detailnya.

Untuk jangan main zero sum game, Elon Musk men-encourage untuk melihat “pie” itu bukan sesuatu yang tidak terbarukan. Pie bisa bertambah. Bukan selalu, untuk mendapatkan potongan pie, kita harus mengambil pie yang ada atau pie orang lain. Kita bisa bikin pie kita sendiri atau beli pie sendiri. Creation, innovation dan moral yang menurutku kunci dari keluar dari zero sum game. Moral sih yang main peran penting.

Selain itu ada beberapa cherry pick lagi, bergunalah bagi sesama manusia. Kalau kita secara tulus ingin berguna untuk sesama manusia, magics down, “wealth” datang sendirinya.

comments powered by Disqus