Free Write 5 Minutes: Healthy and tasty

· 2 minute read

Kita tau suatu hal kecil akan berbuah besar kalau dilakukan secara lama dan konsisten. Kita tau kalau rajin menabung 5 tahun lagi uang itu bisa jadi banyak. Kita tau kalau rajin angkat beban, rajin mengatur pola makan kita akan mendapatkan tubuh ideal. Kita tau long term sukses itu bisa mengubah hidup kita, tapi kenapa kita tidak melakukannya?

Otak manusia by design sepertinya dirancang untuk mencari sesuatu yang memberikan reward instan. Mungkin karena waktu jaman nomaden dan berburu, segala sesuatu mesti ekstra cepat, karena taruhannya hidup dan mati.

Walaupun manusia juga melewati jaman bercocok tanam, dimana untuk mendapatkan hasil harus melalui tahapan tanam -> rawat -> panen. Tapi tetap saja kita susah untuk melakukan sesuatu yang long term. Kayaknya otak manusia tidak berevolusi sebaru itu. Secara otak manusia katanya masih sama dengan otak manusia purba.

Short term win activity, itu sangat kita sukai, karena kalau berhasil itu memang membuat kita gembira. Kayak main game, belanja, makan sushi. Dopamine hit.

Long term win activity, karena tidak mendapat reward secara instan, kegiatan itu menjadi kurang memuaskan buat kita. Dan akhirnya tidak dilakukan.

Lakukan sesuatu yang berguna untuk long term tapi tetap mendapat reward seperti short term. Makan makanan yang sehat, tapi tetap menurut kita enak. Healthy and tasty, itu yang harus kita cari.

Melakukan sesuatu yang menurut orang lain itu kerjaan, tapi menurut kita itu game. Kita bisa konsisten disana. Jadi mulailah mencari itu. Dimulai dari mana? Bisa dari hobby atau kegiatan yang kamu lakukan di waktu luang, apakah ada orang yang mau bayar kalau kamu melakukannya?

Memang kita harus mesti bereksplorasi, mulailah mencoba hal baru sedikit demi sedikit.

comments powered by Disqus