Free Write 5 Minutes: How I Write

· 2 minute read

Satu atau dua minggu lagi genap 2 bulan aku nulis “Free Write 5 Minutes”. Cukup bangga karena bisa konsisten. Aku juga sempat posting ketika 1 bulanan. Sekarang aku mau jabarin gimana aku nulis, dan apa yang bikin aku bisa konsisten.

Pertama: Start Small. Di beberapa tulisan aku sering banget nulis “start small-start small”. Yang intinya mulai dengan yang kecil, yang gampang-gampang. Dulu waktu awal tahun 2021 aku udah sempat juga komit untuk mencoba nulis konsisten. Tapi akhirnya putus. Kenapa bisa putus? karena aku mencoba menulis langsung dengan bahasa inggris, which is hard.

Belajar dari sana, aku sekarang nulis apa yang ingin aku tulis. Which is easy. Bisa inspirasi dari konten yang aku baca, bisa inspirasi dari kejadian hari ini atau beberapa momen waktu, bisa random juga. Dan yang paling penting, pakai bahasa indonesia. Buat belajar nulis nanti pakai bahasa inggris nanti aja, yang penting nulis dulu.

Kedua, drafting. Sekarang aku ngedraft dulu sebelum menyempurnakannya. Tulis semua yang ada dipikiran selama 5 menit. Banyak setiap kalimat itu gak nyambung, banyak yang redundan. Pokoknya apa yang dipikiranku tulis semua. Biasanya selama 5 menit rata-rata dapet 200an kata. Ini juga buat mengatasi malas sih, gak ada yang lebih bikin males dari pada layar yang kosong.

Ketiga, edit. Tentu aja tulisannya di edit. Namanya sih free write 5 minutes, tapi ngeditnya bisa sampe 10-15 menit. Tapi menurutku gapapa. Gak masalah ngedit lama asalkan bahannya udah ada.

3 step itu bikin works aku untuk konsisten nulis. Kapan aku bakal ningkatin level nya, (Free write 10 minutes ? In English?) Belum tau juga.

comments powered by Disqus