Free Write 5 Minutes: Kalau kamu kepikiran barang itu terus

· 2 minute read

Beli. Mungkinn enggak langsung. Tapi setelah 7-10x pikir langsung beli aja. Karena kalau udah mikir sampai sebanyak itu, aku yakin pasti banyak waktu kita, dan kapasitas pikiran kita digunakan untuk memikirkan barang itu. Resources itu tidak worth untuk memikirkan barang yang kalian akan beli. Tentu konteksnya ini kalau barang tersebut, memang ada di jangkauan finansial kalian.

Kalau sudah mikir sebanyak itu asumsinya, kita sudah sering riset. Kita sudah pantengin harga, bandingin harga di masing-masing toko online, even cross e-commerce. Kita udah tonton semua review yang ada di youtube. Kita follow semua akun sosmed tokonya yang udah kita decide. Dan itu makan banyak waktu, semakin barang itu lama dibeli, semakin juga resource (waktu dan pikiran) bakal pada jumlah yang fix, akan dihabiskan disana. Dan itu tidak worth. Kenapa enggak beli aja langsung, kalau udah melakukan semua ini?

Biasanya paling sering sih karena biaya harga dari barangnya itu overbudget. Alternatifnya menabung. Dengan menabung, kita sudah set pikiran kita untuk beli, walaupun nanti. Dengan itu kita tidak memikirkan lagi, dan resource waktu dan pikiran bisa digunakan untuk hal lain.

Aku tidak sarankan untuk minjem duit, karena kalau udah minjem, berarti financially kita tidak mampu, dan ya belum mampu aja buat beli barang itu. Sama halnya juga nyicil. Kalau nyicil, berarti kita memang tidak mampu untuk beli. Dalam kasus ini jangan.

Dan satu lagi tips untuk mempercepat decision untuk beli. Inget, barang itu bisa dijual kembali. Makanya di bulan-bulan awal, sayangi barang yang dibeli hingga akhirnya mantap untuk tidak menjualnya.

Tapi intinya, dalam kondisi kita finance tercukupi, dan punya barang yang terus diincer. Beli.

comments powered by Disqus