Free Write 5 Minutes: Kalau lagi mau melakukan sesuatu yang produktif

· 1 minute read

Jangan bilang-bilang ke orang-orang kalau kamu MAU melakukan itu. Jangan bilang karena bisa jadi itu pedang bermata dua. Dari sisi eksternal bisa saja orang-orang mencemooh kita kayak: “Alah gak mungkin, paling 2 hari aja udah kapok”, atau kalimat-kalimat lain yang ngerendahin lah konteksnya. Kalau dari sisi internal, tentu kita bisa aja kita jadi terpengaruh dengan cemooh orang itu, even maksudnya cuma candaan. Kita jadi rendah diri.

Satu lagi, yang menurutku tanpa kita sadari. Bukan dari eksternal, tapi mungkin response eksternal juga ngaruh, yaitu rasa puas. Ketika kita cerita panjang lebar, sesuatu yang ingin kita lakukan, sesuatu produktif, mau bangun bisnis misalnya. Entah kenapa kita merasa puas. Kita jadi puas, kita malah tidak jadi melakukan apa yang ingin kita lakukan di kemudian hari. Karena kita sudah puas, dengan hanya bercerita. Rasa puas, membuat kita berhenti untuk berusaha. Menurutku itu cukup benar di hampir seluruh aspek kehidupan

Tapi kalau kita bilang-bilang ada juga positifnya, komitmen eksternal. Kita bisa menjadi terpacu atas komitmen yang kita berikan ke publik. Kita jadi lebih konsisten.

comments powered by Disqus