Free Write 5 Minutes: Kecanduan Bikin Marah-Marah

· 2 minute read

Apa hubungannya kecanduan dengan marah-marah? Tapi coba kita liat lebih detail disini.

Orang kecanduan adalah orang yang harus mendapatkan suatu candu tersebut, kalau enggak dia akan merasa ada yang tidak beres dalam dirinya. Bisa physically atau psychologically. Tapi tujuan candu itu diberikan atau dilakukan, ujung-ujungnya supaya feels good. Dari awal tujuan utama orang yang coba-coba hingga akhirnya kecanduan yaa untuk mencari sensasi enak yang dijanjikan.

Dengan begitu, orang kecanduan, ya candunya harus dikasi supaya dia tetap maintain feels goodnya. Tapi dibeberapa aspek kehidupan, tentu saja orang tersebut tidak dapat mendapatkan apa yang dia ingin dapatkan.

Bilanglah selama orang itu kecanduan, dan dia selalu mendapatkan candunya. Yaa karena mungkin candu itu gampang didapatkan atau memang sudah menjadi prioritas dalam hidup dia. Tapi di berbagai aspek kehidupan tentu ada kebutuhan dan ekspektasi yang bukan candu, yang ingin didapatkan, tapi tidak bisa. Orang itu jadi bingung.

Mereka bingung. Yang biasanya selalu mendapatkan candunya, tapi kenapa di case ini malah enggak bisa didapatkan. Kebingungan karena tidak mendaptkan solusi timbulah emosi dan jadinya mereka suka marah-marah ketika harapan atau kebutuhan mereka, di aspek kehidupan yang berbeda tidak terpenuhi.

Selama kecanduan, dia mendapatkan candunya, apa yang mereka mau. Tapi di aspek lain, dia tidak mendapatkannya. Perbedaan itu yang membuat mereka marah, padahal sudah jelas segala harapan tidak bakal semuanya terwujud. Banyak faktor yang terlibat, banyak orang yang terlibat.

comments powered by Disqus