Free Write 5 Minutes: Kembali ke masa lalu

· 2 minute read

Salah satu mimpi orang-orang kembali ke masa lalu. Salah satu pioneer filmnya “Back to the Future”, dan sekarang film “Kembali ke masa lalu” udah ada genrenya sendiri. Tapi kenapa orang-orang ingin kembali ke masa lalu? Coba kita lihat lebih detail:

Pertama, karena kita tau apa yang terjadi di masa kini. Kita ingin pengetahuan kita yang sekarang bisa kita bawa ke masa lalu, lalu kita bisa memperbaiki hidup kita, bahkan dunia dengan keputusan-keputusan yang tepat berdasarkan pengalaman dan pengetahuan kita dimasa sekarang. Beli bitcoin misalnya.

Kedua, kita ingin mengulang masa-masa dahulu. Yah banyak lah, masa-masa yang selalu di cherish oleh banyak orang. Masa remaja lah, masa sekolah dll. Mereka ingin kembali ke masa itu, dan melakukan sesuatu, yang belum sempat mereka lakukan yang tidak bisa dilakukan dimasa sekarang. Pertanyaannya, kenapa mereka tidak bisa melakukannya dulu?

Apakah kembali ke masa lalu itu sudah bisa dilakukan? Kayaknya untuk sekarang, dan prediksiku sampai 20 tahun lagi itu belum bisa. Fokus dunia teknologi sepertinya masih ke AI dan Spaceship kalau aku liat-liat. Dan kayaknya einstein pernah bilang kalau kembali ke masa lalu itu bisa, tapi biasa ilmuwan pasti maksudnya “bisa” ini bukan yang kita kira seperti di film-film.

Jadi cara terdekat sekarang, untuk bisa kembali ke masa lalu adalah. Take a picture, dokumentasikan setiap saat ketika kamu sama orang yang membuatmu bahagia. Sepuluh tahun lagi, ketika kita membuka melihat foto video itu, kita akan kembali ke masa lalu.

comments powered by Disqus