Free Write 5 Minutes: Kita bingung (We Are Confused)

· 2 minute read

Free Write 5 Minutes: Kita bingung (We Are Confused)

Tags: Free Write Date: September 27, 2021

Kita bingung. Ketidakbahagiaan kita hampir sebagian besar berasal dari kerjaan. Iya kerjaan kantoran, jam 9 sampai jam 5. Yang biasanya overwork dan benefitnya tidak sesuai value yang kita berikan. Tapi kenapa kita masih kerja? Tentu saja jawabannya sudah jelas, supaya dapet uang untuk hidup dan menabung dimasa depan. Tapi harus sampai segitunya kah?

Kita bingung.

Uang kita cari sehingga membuat kita tidak bahagia. Hidup demi uang. Padahal sesungguhnya uang itu tools untuk kita hidup, seakan-akan uang itu adalah kebahagiaan itu sendiri. Kita sering bingung tentang itu. Kalau dipikir-pikir lagi, kerja nyari duit membuat siklus kebahagiaan kayak gini: Kerja -> Dapet duit -> Kerja Unhappy -> Happy -> Unhappy

Padahal udah banyak orang konglomerat bilang, bahwa “Money is not the answer”. Uang bukanlah jawabannya. Uang bukanlah sumber dari kebahagiaan. Tapi kenapa kita tetap learning the hardway? Tapi apa uang bisa bikin bahagia? Bisa. Kalau menurutku gimana kita menggunakan uang itu untuk hal-hal yang kita senang. But how?

Kita bingung. Sedih senang kita akui dipengaruhi oleh orang di sekeliling kita. Kita manusia makhluk sosial, itu faktanya. Kita suka kerjaan kita? Bos kita mengayomi, temen kantor yang suportif. Semua karena orang. Kita benci pekerjaan kita? Mungkin karena bos kita yang nyebelin, temen kantor yang toxic. Tapi kenapa kita tetap bertahan?

People are more scared of being uncertain than unhappy

comments powered by Disqus