Free Write 5 Minutes: Meditasi

· 2 minute read

Meditasi. Banyak orang harusnya sudah tau apa itu meditasi. Duduk diam selama beberapa menit. Tapi manfaat meditasi yang di gembor-gemborkan dapat menenangkan pikiran. Aku sudah merasakannya dan itu benar.

Awalnya aku biasa aja dengan meditasi, kayak “ok meditasi bisa menenangkan pikiran, nice to know”. Karena ya duduk diam selama beberapa menit itu selain susah, menurutku untuk menenangkan pikiran, gak harus seperti itu.

Tapi sekitar 2 tahun lalu, lebih tepatnya nyepi 2 tahun lalu aku bisa merasakannya. Nyepi 2 tahun lalu sedikit berbeda, karena aku di jakarta sendirian, jadi aku di kos 24 jam, enggak ngapa-ngapain. Aku merasakan enggak ngapaa-ngapain itu jadi hal terenak di dunia. Kita enggak mikir apa-apa, kita enggak mikir kerjaan, enggk mikir mau makan apa, enggak menghabiskan energi untuk aktivitas yang sia-sia. Just do nothing.

Dari sana aku mulai meditasi coba-coba. Aku coba meditasi yang umum, duduk diam bernafas selama beberapa menit. Awalnya sih 5 menit. Aku merasakan mini nyepi lah.

Sekarang setiap aku merasa stress, aku coba untuk meditasi 5-10 menit. Aku pake apps untuk bantu meditasi, banyak apps diluar sana yang membantu kita meditasi. Benefit dari meditasi yang aku rasakan adalah benaar: Pikiran jadi tenang. Itu udah jauh dari cukup menurutku, karena dengan pikiran tenang kita bisa melakukan apa saja menurtju, at least melakukan apa yang terbaik yang bisa kita lakukan.

Mungkin bukan hanya duduk diamnya, tapi bernafas dengan teratur juga menjadi faktor penting untuk membuat pikiran kita tenang. Boleh dicoba buat kalian.

comments powered by Disqus