Free Write 5 Minutes: Orang Tua

· 2 minute read

Orang tua disini konteksnya bukan minuman atau parents aja ya tapi orang tua secara general, boomer lah. Baby boomer atau yang lebih mudaan.

Jujur dulu aku berpadangan omongan, nasehat, tindakan, pikiran orang tua itu tidak bisa dijadikan pedoman. Karena aku mikir, jaman sekarang udah berubah dari jaman mereka dulu muda, jadi wisdom mereka tentu sudah tidak relevan dengan jaman.

Dan itu membuatku jadi arogan. Contohnya setiap ada orang tua yang memberikan opini tentang sesuatu, aku pasti selalu dalam hati bilang “ok boomer” or something like that. Tapi sebenarnya apa yang dibilang mereka itu bener kok, bener sesuai dengan pengalaman dan pengetahuan mereka. Benar sesuai jaman mereka. Mereka berpendapat, bertindak dan berpikir juga ada alasannya.

Tentu faktanya ada beberapa yang enggak cocok dengan jaman sekarang, dimana dunia sudah berkembang dengan pesat oleh bantuan teknologi. Tapi biasanya ada beberapa % dari omongan, nasihat dan perilaku mereka yang bisa kita ambil baik-baiknya. Sekali lagi, mereka melakukan itu based on a reason.

Dikondisi kita balik memberikan pendapat kita, sangat sering orang tua bakal keras kepala apabila bertentangan dengan pendapat dia. Itu menurutku sangat wajar. Suatu pedoman dari orang yang udah works belasan atau bahkan puluhan tahun tentu untuk berubah dari sana itu susah. Keluar dari zona nyaman, dan keluar dari zona nyaman itu susah. Jadi kita enggak usah terlalu bersikeras, yang penting kita sadar, yang penting kita mengerti. Steal the good part.

comments powered by Disqus