Free Write 5 Minutes: Paradox dagang bakso

· 1 minute read

Kita lagi pingin banget sesuatu, udah nyoba berkali-kali tapi enggak pernah dapet. Eh malah dilain hal yang kita enggak terlalu pingin, malah yang dapet. Aku nyebutnya paradoks dagang bakso. Kalau lagi enggak pengen dia dateng, kalo lagi pengen dia enggak dapet. Kenapa dagang bakso? Karena di gang rumahku yang paling sering php adalah dagang bakso rombong.

Kalian pasti pernah mengalami hal ini. Tapi kenapa bisa gitu ya? Jawaban paling gampangnya sih “memang gitu dunia bekerja”. Tapi coba kita telusuri lebih detail.

Ketika kita ingin sesuatu pake banget. Kita menggebu-gebut, kita ambis. Ketika kita ambis, pikiran tegang untuk mencapai goal tersebut. Dengan kita tegang kita tidak bisa mengeluarkan potensial dari diri sendiri dan keadaan sekitar. Akhirnya enggak dapet.

Apabila kita enggak pingin-pingin banget. Kita menjadi relax. Dengan relax, pikiran jadi tenang. Melakukan sesuatu apa adanya, tidak terpaksa. Secara tidak sadar menjadi memaksimalkan yang ada, tanpa tegang-tegangan dan ngotot. Dan tiba-tiba udah dapet aja. Mungkin bedanya disana.

Disatu kita ngotot, pikiran tidak tenang, deg-degan, enggak santai. Disatu kita relax, loving the process, be present. Tentu penjelasan ini tidak bisa digunakan di semua kejadian-kejadian semacam ini. Terlalu banyak hal-hal yang lebih baik dijelaskan takdir aja udah.

comments powered by Disqus