Free Write 5 Minutes: Perang

· 2 minute read

Free Write 5 Minutes: Perang

Tags: Free Write Date: January 29, 2022

Lagi heboh bakal ada PD 3, yang bakal di trigger oleh ukraina dan rusia. Kenapa kita perang dan kenapa sejarah mencatat sering perang. Bahkan aku pernah baca, hanya beberapa tahun saja (setelah masehi ) di dunia ini tidak ada perang antar bangsa atau perang saudara. Sisanya perang mulu.

Perang itu sebenarnya kompetisi. Salah satu alasannya resource, buat makan dan kekayaan. Aku pernah denger jokes juga gini. Belanda itu di eropa, tiap musim dingin dulu sangat menyusahkan katanya. Makanya orang sana berkelana keliling dunia untuk mencari tempat yang nyaman untuk ditinggali, dan untuk mencari makanan yang cocok (rempah-rempah). Kalau misal dulu di belanda dampak musimnya bisa diatasi kayak jaman sekarang, katanya Indonesia enggak bakal dijajah. Ya itu contoh kompetisi untuk resources.

Kompetisi kalau kita bicara itu, tentu itu udah bukan hanya di konteks perang lagi. Dikelas juga kompetisi buat rebutan ranking 1. Dulu sekolah sering kontes olahraga tingkat daerah, provinsi maupun nasional. Liga bola, liga basket semua kompetisi. Sekarang para startup ojek online juga pada kompetisi. Tanpa kita sadari, entah karena lingkungan yang sangat sering ada kompetisi atau memang kita manusia kayak gitu, we are craving for competition. Untuk menunjukan diri sendiri atau kelompok lebih baik dari yang lain.

Kompetisi menurutku perlu, karena kompetisi menciptakan inovasi yang berlandaskan ketidakamanan atas adanya kompetitor.

Banyak juga, perusahaan yang dulunya memonopoli (tanpa kompetisi) akhirnya kalah digerus jaman karena kurang cepat untuk berinovasi (blackberry, nokia)

Jaman sekarang juga sering tuh ada embel-embel remove competition, embrace collaboration. Menurutku tidak ada masalah, walaupun ujungnya enggak bakal 100% collaboration para perusahaan-perusahaan diluar sana. Tapi asal efek samping baik dari kompetisi (salah satunya inovasi) terwujud, menurutku mau kompetisi, mau kolaborasi bebas. Cuma beda di motivasi aja.

comments powered by Disqus