Free Write 5 Minutes: Quit Sosmed

· 2 minute read

Pernah gak kalian puasa main sosmed? Aku pernah, atleast seingetku tiga sesi dalam 4 sampai 8 tahun belakang ini.

  1. Karena hp jadul (2015/16). Dulu kalau masih pakai s3 mini waktu awal kuliah. Karena storage cuma muat buat install Line akhirnya sosmed lain dihapus. Tidak ada signifikan berubah yang kerasa, karena dulu juga memang jarang pakai sosmed, masih sering main dota 2.
  2. Karena keharusan (2018). Kedua karena keharusan. Ada sesi karantina semi militer sebelum masuk kerja. Jadi hp selama 2 minggu tidak boleh digunakan. Perbedaanya, seperti orang hidup di gua. Karena selain tidak boleh main hp, internet juga tidak boleh akses, ditambah tidak boleh keluar tempat pelatihan. Tidak kerasa “something missing”, karena waktu pelatihan ya kegiatan ada terus.
  3. Karena sengaja (2019). Ketiga karena sengaja, pingin coba off sosmed mau ngerasain waktu karantina dulu tapi dengan environment yang berbeda. Uninstall semua sosmed di hape. Pulang kantor ngerjain project, belajar, dan baca buku. Perubahan yang aku rasakan adalah sehabis pulang kantor waktu kosong bener-bener banyak.

Kita tidak sadar, main sosmed itu menghabiskan waktu kita. Rata-rata nih katanya orang main sosmed BERSIH itu 3 jam. Berarti kalau dihitung kira-kira: 1 hari = 24 Jam Tidur = 8 jam Kerja = 8 jam Mandi dan makan = 2 jam Main sosmed = 3 jam 24 - 8 - 8 - 2 - 3 = 3 Jam

Waktu cuma sisa 3 jam. Sedikit? Sedikit.

comments powered by Disqus