Tentu game yang adiktif bakal bikin untung developernya, entah direct atau indirect. Seminggu kemarin aku main game rpg mobile gacha gitu deh. Dan itu menurutku sangat-sangat adiktif. Entah itu gamenya baru aku mainin jadi masih semangat, atau memang ada faktor di dalam gamenya yang bikin adiktif. Coba kita bahas lebih detail.
Pertama, not pay to win. Ini memang agak sedikit kontradiksi. Kalo enggak pay to win, ada pandangan revenue developer bakal berkurang. Tapi kebalik menurutku. Dengan membuat game tidak pay to win, user malah jadi semakin tidak ragu untuk membayar duit demi game. Sebagai jasa terima kasih mungkin? Sama kayak sebelum menjual sebaiknya memberi.
Time based feature. Ini juga menurutku cukup jadi salah satu faktor. Time based yang sering terjadi biasanya jadi pembatas waktu main, “Energi”. Manusia secara default suka ritual. Time based feature ini bisa jadi ritual buat si user buat “main” lagi. Bisa di eksplorasi time based feature selain energi. Yang tentunya lebih kreatif.
Konten. Konten ini faktor penting juga, ketika game baru release ataupun udah lama, menurutku jangan sampai kedapetan konten habis. Aku lagi main 2 game mobile baru, yang 1 kontennya udah habis baru main 2 minggu, satu lagi masih jauh-jauh banget. Bikin konten game enggak perlu yang ribet menurutku, extra stage level dengan mekanisme yang copy-paste menurutku udah cukup.
Win Probability. Terkadang kalau kita stuck di stage tertentu, itu dibuat 100% stuck, fixed, tidak ada probability. Manusia suka gambling. Bikin dia supaya ada range kekuatan, dimana ada probability di setiap range kekuatan untuk bisa menang di stage. Dengan ini motivasi user yang awalnya low bisa meningkat lagi kalau bisa menang, walaupun dengan probability sekecil apapun.
Bonus discuss: Rich story. Rich story menurutku enggak bikin user ketagihan. Karena story cukup dinikmati satu atau dua kali aja. Story yang bagus tentu bikin game bakal dikenang, dibicarakan di forum, youtube dll tapi enggak bikin adiktif.