Free Write 5 Minutes: Santai & Relaks

· 2 minute read

Lakukan sesuatu yang bikin kita santai, atau santaikan segala sesuatu yang kita lakukan. Kalau disuruh milih tentu aku yakin bakal milih yang 2. Tapi itu susah. Lebih masuk akal nomor 1, walaupun kita butuh waktu untuk mencari. Tapi kenapa harus santai?

Maximize. Aku percaya dengan santai, kita bisa melakukan sesuatu dengan maksimal. Santai membuat pikiran menjadi tenang, pikiran tenang membuat semua hal terkontrol. Semua terkontrol membuat kerjaan dan kegiatan menjadi maksimal, sesuai dengan plan.

Sesuatu atau kerjaan yang bikin kita santai menurutku bisa disebabkan oleh 2 hal besar. Satu Genetik atau bakat, dua pengalaman masa lalu yang telah menjadi kebiasaan.

Sesuatu yang santai menurutku bisa saja karena kita sudah terbiasa melakukan itu. Jadinya sudah full automate di otak kita, bisa aja seperti itu.

Tapi bisa saja karena genetik, bakat lah yang membuat sesuatu seperti mainan. Lakukan kerjaan dimana kita anggap seperti mainan, tapi bagi orang lain itu adalah kerjaan. Bermain membuat menyenangkan dan relax.

Tapi gimana kalau yang kedua, menurutku salah satu faktornya adalah pasrah. Kita bakalan terpaksa membuat sesuatu yang dulunya bukan santai, menjadi santai. Partner kita cuma waktu yang bisa membuat itu. Tapi menurutku pasti tetap aja ada sebagian kecil dari pikiran dan rasa kita yang menolak itu. Tidak 100% lah. Kalau muncul trigger-trigger masa lalu, pasti tetap tidak akan menjadi full santai. Yang penting santai.

Tentu kita bisa menggunakan keduanya. Kondisikan ditiap hal sesuatu yang membutuhkan

comments powered by Disqus