Free Write 5 Minutes: Semua orang suka didengarkan

· 1 minute read

Ini udah bukan rahasia umum lagi sih sebenarnya. Ya, semua orang suka di dengarkan. Social media yang populer juga ngambil nature dari sini. Ask.fm? Twitter? Instagram story? Semua dari nature orang suka didengarkan.

Orang suka didengarkan, tentu itu juga valid untuk diri kita sendiri. Terkadang kita tidak sadar, kita suka menceritakan suatu yang kita suka, even lawan bicara kita bisa saja no clue.

Jadi kalau kamu ingin disukai orang, kamu harus mendengarkan dia. Sebenarnya kita bisa lakukan kebalikannya, apa yang kita sukai ketika didengarkan, kita lakukan balik ke orang lain. Tapi kira-kira itu apa aja sih? Coba kita kelompokan.

Be curious. Ya curious terhadap ceritanya dia. Selalu tanya sesuatu. Cara jadi curious, tanya-tanya aja. Kalau kita bosen, biasanya ada 1 atau 2 statement dari cerita orang tersebut yang bisa kita cari pertanyaannya, bisa dimulai dari sana.

Kasi feedback positif, terkadang orang itu cuma mau validasi. Yang kita butuhkan yaa memberi dia apa yang dia mau, feedback yang positif. Setelah itu kalian bisa stop untuk ngomongin hal itu, dan lanjut untuk open ngomongin hal yang kamu curious-in.

Be genuine. Sebenarnya kita keliatan kalau kita pura-pura setuju atau pura-pura mendengarkan itu. Menurutku ini sih yang paling penting. Kalo curious? mesti genuine, kalo kasi feedback? mesti genuine.

To be interesting, be interested

comments powered by Disqus