Free Write 5 Minutes: Teman online

· 2 minute read

Kapan hari aku dan sepupuku cerita-cerita tentang sosial media jaman dulu. Karena kita pernah ngerasain friendster dan facebook awal-awal. Kita mikir kenapa facebook bisa populer jaman dulu. Chatting. Chatting to orang random yang online. Yang sangat mengasyikan dulu. Tentu sudah banyak aplikasi chatting online yang lebih duluan dibandingkan facebook. Tapi entah kenapa facebook populer, mungkin karena reach people random di facebook lebih mudah.

Dulu aku inget banget punya temen online. Sepupuku ini juga cerita dia punya temen online. Even pernah ketemu di real life gak sengaja di jalan. Kayak “Wey kamu yang nama facebooknya xxx itu gak sih?” “Oiya, kamu itu yang yyy itu gak?". Lucu dan keren menurutku. Walaupun aku gak pernah sampe kayak gitu, tapi pernah lah punya temen online. Yang setiap lagi main facebook aku selalu nanti-nantiin dia buat online. Yeah it fun.

Tapi sekarang, semenjak chatting, internet dan online itu sudah banyak sekali bisa kita nikmati, semua orang bisa mudah mengkasesnya, kita bisa terkoneksi tanpa batas benua. Kenapa teman online itu udah enggak sampai segitunya ya?

Jawabannya sih simple. Scarcity. Dulu teman online itu langka, makanya kita cherish banget, sekarang karena udah enggak langka jadi kita biasa aja.

Sama juga dulu surat pos dan e-mail. Ketika e-mail masih baru, kita seneng banget dapet e-mail entah darimana. Sekarang malah kebalik, kita malah lebih excited untuk dapet surat asli dari pada e-mail. Yah scarcity main peran penting disini. yang mana yang langka, yang itu yang menarik. Tapi itu teraplikasikan disemua hal sih, enggak cuma di teman online. Enggak disemua hal juga sih.Tapi kadang pingin lagi punya teman online sampai segitunya, internet was cool back then.

comments powered by Disqus