Free Write 5 Minutes: Tentang Autisme

· 2 minute read

Free Write 5 Minutes: Tentang Autisme

Tags: Free Write Date: September 26, 2021

Kita sepakat bahwa orang-orang yang memiliki autisme, mereka memiliki sesuatu yang kurang, dari pada orang-orang yang normal. Tapi aku percaya, kekurangan yang mereka miliki ditutupi dengan kelebihan di lingkup yang lain.

Banyak orang-orang jenius yang ternyata memiliki autisme. Einstein, steven hawkins, bahkan steve jobs pun katanya memiliki autisme. Setelah riset-riset dikit, ternyata mereka itu disebut dengan High Function Autisme. Autis yang tidak mempengaruhi kecerdasan, tapi lebih ke cara bicara, gaya tubuh dll.

Dari orang jenius yang memiliki autisme, yang menjadi favoritku adalah Rodney Mullen. Rodney Mullen bisa dibilang God Father of the Street Skateboard. Karena dia lah yang menciptakan hampir 95% trik street skateboard di dunia ini. Bahkan kata-katanya nih belum ada yang bisa menyamai skill dari Rodney Mullen. Umur Rodney Mullen sudah 50 tahuan, setara dengan Tony Hawk. Dia juga pernah mengisi di TED Talks. Dan dari sana saya mulai percaya bahwa autisme, memiliki kekurangan disisi lain, namun memiliki kelebihan di sisi lainnya.

Adik sepupuku juga memiliki autisme, dia tidak kuat untuk sekolah di sekolah normal, akhirnya dia sekolahkan di SLB (Sekolah Luar Biasa). Selama sekolah dia diasuh oleh adik sepupuku yang lebih tua. Adik pengasuhku ini sering cerita bagaimana keseharian adikku ini, dirumah gimana, apa aja yang dikasi oleh SLB. Dia cerita kalau SLB itu kita dibantu untuk mencari potensial kita, lalu setelah ketemu, kita akan dikerahkan untuk mengembangkan ke potensial tersebut.

Bukannya itulah yang harusnya dilakukan Sekolah Normal? Aku mulai mikir SLB ini lah sekolah yang sesungguhnya.

Adikku ini memiliki fisik yang bagus diumurnya, dia kuat lari jauh, memiliki stamina yang oke. Jadi selama ini dikerahkan kejalur olahraga. Dia juga waktu ini jadi peserta lomba lari SLB se-bali. Dan jadi finalis 8 besar! Dari sana kepercayaanku mulai meningkat tentang orang-orang autisme itu punya kekurangan dan kelebihan seperti kita. Cuma kelebihan dan kekurangannya itu tidak pada umumnya aja. Dan satu lagi yang penting, lingkungan mereka harus supportif.

comments powered by Disqus