Free Write 5 Minutes: Tentang Game RPG

· 1 minute read

Aku suka game rpg. RPG yang singkatan dari role playing game. Dari dulu sejak main PS 1 sampai sekarang genre game favoritku adalah rpg. Tapi kenapa aku bisa suka game rpg, apa experience yang diberikan oleh game rpg kepada pemainnya sehingga bisa menarik. Coba kita cek lebih detail.

Seperti namanya role playing game, kamu bisa menentukan role kamu sendiri didalam game itu. Oleh karena itu, faktor utama dari game ini adalah kebebasan pemainnya. Apalagi jaman sekarang, sudah banyak banget game rpg yang memberikan experience kebebasan yang sangat sangat.

Kebebaasan melahirkan kustomisasi. Kustomisasi menciptakan uniqueness. Pemain merasa unik walaupun bermain game yang sama. Secara nature orang memang suka dianggap unik/langka dari aspek apapun.

Gacha, fitur yang populer di game rpg mobile. intinya kita kita gambling untuk mendapatkan in-game-item untuk memperkuat character kita. Semaking susah didapet biasanya semakin bagus item tersebut. Kalau dapet yang bagus experience uniquenessnya semakin kuat.

Sub-genre dari rpg itu banyak, salah satu favorit aku turn-based rpg. Sesuai namanya, actionnya bergiliran antara entity di game. Turn-based memberikan experience pembangungan strategi disana, walaupun actionnya kurang.

Ada strategi yang mesti dibangun disetiap eventnya (biasanya battle). Dari semua turn-based rpg yang aku mainin, biasanya hanya 10% on time strategi yang dibutuhkaan, sisanya strategi sudah harus kita bangun sebelum event berlangsung.

Yah mungkin itu aja.

comments powered by Disqus