Free Write 5 Minutes: Tentang Kecanduan

· 2 minute read

Kalau kita bicara tentang kecanduan, yang ada dibenak kita pasti kecanduan heroine, kecanduan rokok, dan kecanduan populer lainnya. Aku percaya kalau kecanduan itu yang tidak ada yang baik, karena apapun yang berlebih menurutku tidak baik. Tapi di jaman sekarang, yang teknologi ini semakin berkembang, sadly kecanduan itu makin banyak jenisnya.

Salah satunya yang dulu tidak ada namun sekarang ada: Kecanduan netflix, kecanduan youtube, kecanduan bokep kecanduan game, kecanduan sosmed. Dan masih banyak lagi.

Tapi kalau dari kita, bagaimana sih kita tau kalau kita itukecanduan. Intinya gini, ada kebiasaan yang di momen kamu ingin berhenti, namun ternyata kamu sadar kamu tidak bisa melakukan itu. Kalau udah kayak gitu fix kamu kecanduan.

Tapi apa efek kecanduan? Kecanduan bisa berdampak physically dan psyhcologically. Kalau mau diurutin dari atas kebawah ya kecanduan yang tidak terpengaruh keduanya, pengaruh salah satu, dan keduanya kena. Kalau masih kecanduan ada yang tidak mempengaruhi kedua hal itu, ujung-ujungnya adalah kecanduan yang bikin kita habis waktu sia-sia Kecanduan yang memengaruhi fisik. Kecanduan makan burger, berat badan meningkat secara tidak normal dari luar kelihatan dong. Kecanduan yang memengaruhi psikis, ini yang menurutku ngeri-ngeri sedap, karena dia tidak kasat mata. Ada satu kesamaan kecanduan-kecanduan yang berpengaruh kesini. Kita jadi malas. Coba kita lebih detail kesini.

Ketika kita sudah kecanduan, biasanya kegiatan itu sebagai pelarian dari suatu kondisi badan/pikiran kita. Kalau kita melakukan itu, kita menjadi feels good. Nah ketika kita feels good secara instan, kita berpikir tidak perlu ngapa-ngapain lagi.

Normally, ujung-ujungnya kita mengejar kesuksesan agar feels good. Kalau kita ngehit candu aja sudah feels good, buat apa kita nyari kesuksesan. Gitu logikanya. Kita jadi malas.

comments powered by Disqus