Free Write 5 Minutes: Tentang Kepercayaan

· 2 minute read

Free Write 5 Minutes: Tentang Kepercayaan

Tags: Free Write Date: September 23, 2021

Kita sebagai invidu pasti punya kepercayaan. Kepercayaan bukan sebatas tentang agama dan politik saja, bisa juga hal-hal yang lain. Contoh saya percaya bahwa sehabis minum, gelas harus di balik supaya tidak ada serangga atau benda asing yang nempel di dalam gelas.

Kita wajib memiliki kepercayaan, tapi biasanya hampir 100% kita ingin kepercayaan yang kita miliki ini dimiliki juga dengan orang lain. Kita berharap kepercayaan kita, dipercaya juga oleh orang lain. Dan itu tidak sepenuhnya salah.

Tapi masyarakat, menurut ku terbentuk karena seorang individu, yang memiliki kepercayaan terhadap sesuatu dan diutarakan ke banyak individu yang yang belum memikiran hal tersebut, dan membuat sekelompok orang itu percaya. Kepercayaan-kepercayaan “bawaan” seperti itu juga tidak sepenuhnya buruk. Balik lagi baik buruk itu relatif.

Tapi menurutku jangan sampai kepercayaan yang kita dapat dari orang lain atau masyarakat membuat, kita tutup mata tutup telinga terhadap pemikiran, opini terhadap yang bersangkutan. Tapi terkadang bukan kita yang menutup mata, tapi mata kita dibutakan, mulut kita dibungkam oleh kepercayaan masyarakat. Which is quite sad.

Untuk itu lah muncul yang namanya demokrasi. Kita semua dibolehkan untuk memiliki kepercayaan, kita dibolehkan mengutarakan kepercayaan, namun apabila ada orang yang memiliki kepercayaan yang berbeda, yaudah, cukup tau, have a nice day, gak usah memaksa untuk merubah kepercayaannya dia.

comments powered by Disqus