Free Write 5 Minutes: Tentang Konsisten

· 2 minute read

Aku cukup bangga sama diriku (weis), karena tahun ini ada hal yang bisa aku lakukan dengan konsisten. Pertama olahraga, dan kedua menulis.

Olahraga, aku barbelan dirumah beli beban dan handlernya. Dari awal tahun lalu kalau gak salah, masih 5kg. Sekarang sudah 12.5kg. Slow growth better than no growth. Yang paling penting adalah aku bisa konsisten seminggu bisa 5-6x olahraga. Which is quite nice.

Untuk menulis, diawal tahun sudah sempat menulis setiap hari, tapi putus dibulan maret. Sekarang memulai lagi, hari ini adalah 30 hari setelah aku commit untuk nulis 1 hari 1x.

Kesulitan orang-orang menurutku kenapa susah untuk konsisten adalah, start mereka levelnya ketinggian. Harusnya step 1 itu digampangkan, dan tingkat kesulitannya ditingkatkan dibatas wajar seiring berjalanannya waktu

Awal-awal sangat susah untuk tiap hari kehalaman buat angkat barbel, atau datang tiap hari ke squibler.io buat nulis. Tapi setelah dilakukan hampir tiap hari semua kegiatan tersebut terasa makin mudah.

Konsistensi melakukan pekerjaan terus menerus, dengan meningkatkan level kesulitan diatas wajar akan menciptakan iterasi, yang nantinya akan menjadi habit. Ketika habit sudah terbentuk, energi dan willpower yang dibutuhkan akan lebih sedikit sehingga kita bisa memanfaatkan energi kita untuk mencoba hal lain.

Kalau kamu mau melakukan atau belajar hal baru, lakukan dengan konsisten. Cara agar biar konsisten? Permudah start, jangan terlalu keras sama diri sendiri, kalau sudah nyaman lalu tingkatkan levelnya sedikit demi sedikit

comments powered by Disqus