Free Write 5 Minutes: Tentang Mood

· 2 minute read

Hari ini banyak banget hal-hal yang bikin mood ku berantakan. Berita duka, dan semuanya seperti ngeselin hari ini. Sekarang aja lagi males banget nulis sebenarnya tapi aku paksain supaya tidak memutuskuan streak. Mood ini bener-bener bikin semuanya tidak sesuai rencananya/ Tapi apasih sebenarnya mood ini, coba kita lihat lebih detail.

Kalian pasti sering denger kalau orang bilang, “Enggak ah lagi gak mood” atau “Mood ku lagi bagus”. Ya mood itu sebenarnya perasaan. Perasaan sebenarnya ada banyak, tapi di masyarakat mood sering kita bagi jadi dua: baik dan buruk.

Kenapa mood itu sangat menentukan perilaku kita untuk melakukan sesuatu? ya karena pada dasarnya kita itu makhluk emosional, makhluk yang digerakan oleh emosi, perasaan makanya kita sangat “diatur” oleh mood.

Tapi terkadang mood itu jadi sangat merugikan buat kita. Biasanya mood yang buruk membuat rencana kita jadi tidak sesuai. Contoh: kita sudah ready buat besok presentasi, paginya sebelum mulai presentasi, ada dengar berita duka dari kerabat. Mood kita bisa goyah, dan akhirnya presentasi ya kita persiapkan matang-matang jauh-jauh hari jadi kurang maksimal. Sedih.

Tapi ada juga apabila mood itu baik, jadinya mood itu bisa memberikan perubahan yang drastis atas apa yang telah kita siapkan. Persiapan yang baik dengan mood yang baik, bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Sekarang bagaimana cara kita mengatur mood, supaya dia selalu baik? Susah. Aku tau.

comments powered by Disqus