Free Write 5 Minutes: Tentang NoFap

· 1 minute read

NoFap adalah sebuah komunitas yang membantu kita untuk keluar dari kecanduan PMO (Porn Masturbation Orgasm). Komunitas tersebut dibangun atas sekumpulan orang yang memiliki opini yang sama yakni, kecanduan PMO is real.

NoFap punya ritual tak tertulis setiap tahunnya, yang dinamakan “No Nut November”. Jadi kita di challenge untuk tidak PMO selama 1 bulan di bulan november, untuk mengetahui apakah kita kecanduan, dan merasakan manfaatnya dari abstain PMO.

Menurutku NoFap ini memberi dampak positif ke masyarakat, terlepas dari pro kontra kecanduan PMO. Seiring komunitas ini berkembang, testimoni dari anggota semakin besar bahwa kecanduan PMO itu berdampak buruk buat hidup kita. Yaa sama kayak kecanduan-kecanduan lainnya.

Ada kasus NoFap pernah mau dituntut sama situs bokep untuk ditutup karena dirasa merugikan. Kalau dilihat dari sisi lain, kita melihat kasus tersebut malah membuat kita makin yakin bahwa kecanduan PMO itu benar membuat buruk hidup, dan yang main di bisnis tersebut aware akan hal itu.

Tidak ada cara2 baru yang diberikan untuk keluar dari kecanduan, selain gamifikasi, kebersamaan dan jiwa korsa dari para anggota NoFap.

Aku juga liat-liat di internet, PMO itu memang meresahkan, selain banyak yang memberikan testimoni bahwa berdampak ke fisik mereka, berdampak juga ke psikis mereka.

comments powered by Disqus