Free Write 5 Minutes: This free write is not 5 minutes anymore

· 2 minute read

Setelah beberapa kali nulis “Free write 5 minutes”. Free write yang kulakukan beberapa minggu kebelakang (bahkan bulan) udah enggak 5 menit lagi.

Kalau aku cek, rata-rata selama ini aku nulis “Free Write” kurang lebih 200 kata. Enggak tau itu termasuk banyak atau enggak, tapi kalau awal-awal kayaknya enggak sebanyak itu.

Sudah enggak 5 menit lagi. Memang aku masih set 5 menit timer untuk nulis, tapi ujung-ujungnya pasti extend. Entah lanjut nulis atau buat ngedit. Yang ujung-ujungnya bisa 30 menit. Belum lagi diitung waktu buat nyari mood untuk nulis. Dan itu enggak masalah.

Aku seneng karena, habit sudah kebentuk, dan udah enggak merasa “wajib” atau “terbebani” untuk melakukan ini. Walaupun harapannya tulisannya ada isinya semua. Tapi yah mungkin 60% dari semua tulisan disini ada isinya lah, walaupun masih ada redundan-redundan tapi enggak masalah.

Nulis selama 5 menit udah enggak relevan lagi. Tapi kayaknya aku bakal tetap buat ngasi judul “Free Write 5 minutes”, karena masih ada kok yang unsur 5 menitnya, timernya.

Lebih enak ngedit tulisan yang udah ada daripada ngerevisi realtime waktu kertas masih kosong. Dari dulu udah sering pakai teknik ini. Dari nulis blog sampe skripsi. Dan ternyata banyak yang bilang best practicenya memang kayak gitu Noice.

Januari udah jalan 1/3. So far tahun baruku masih baik-baik saja. Walaupun banyak berita juga di luar sana yang tidak baik, kayak omnicron dan di kazakhstan. Semoga segera ketemu solusi terbaik

comments powered by Disqus