Free Write 5 Minutes: Tidur Siang

· 2 minute read

Take a nap. Biasanya dulu waktu kecil wajib banget buat tidur siang. Biasanya sehabis pulang sekolah jam 10, main bentar terus jam 1an tidur siang sampe jam 3an. Kenapa kita tidur siang.

Tidur siang, sebenarnya karena ya kita ngantuk. Bisa karena kegiatan pagi yang melelahkan. Bisa karena begadang. Bisa juga karena kebiasaan. Tapi jam waktu yang tepat tidur siang itu katanyanya maksimal sampai 90 Menit.

Tapi biasanya sekarang aku tidur siang itu, bangunnya suka pusing. Dan mau berapa menit pun tidur siang, enggak pernah cukup. Tapi, kalau udah pakasain bangun bentar aja, rasa kantuk langsung enggak ada. Mau 20 menit atau 2 jam. Aneh memang.

Efek dari tidur siang, biasanya malemnya jadi gak ngantuk. Apalagi kalau tidur siangnya itu udah sore-sore. Jam 4 - 6. Malem jadi gak ngantuk, jadi begadang terus bangun siang. Dan akhirnya jadi habit.

Menurutku tidur siang itu enggak perlu, kalau misal kita memang tidak capek-capek banget, dan tidak begadang (Jam tidur tercukupi) Karena dampaknya jadi mengubah siklus tidur.

Aku selama ini siklus tidur udah beda, selalu bangun jam 9 pagi, tidur siang (kadang-kadang) terus baru tidur diatas jam 12 malam. Pingin ngubah jam tidur, aku juga udah pernah bahas tapi belum berhasil. Salah satu pantangannya menurutku tidur siang, karena ya malemnya jadi enggak ngantuk.

Kadang kita merasa “kelewat” atau “menyesal” kalau tidur siang lama. Kayak apalagi tidur siang waktu liburan, yang harusnya udah banyak rencana pergi-pergi misalnya.

Kalau ngantuk tidur siang, juga kadang disebabkan karena makan siang. Jadi kalau kamu ngantuk sehabis makan siang, tahan. Karena kalau tidur, berdasarkan pengalaman bangunnya jadi kurang enak. Karena badan kita bekerja memproses makanan yang baru masuk. Tapi kita tidur, jadi semacam ada diskonek gitu. Yang bikin pening sementara

comments powered by Disqus