Free Write 5 Minutes: Tracing Penyebab Jerawat

· 2 minute read

Selama 2 bulan terakir, aku sudah enggak pernah jerawatan yang gede-gede banget. Palingan kecil kecil dan jarang-jarang. Namun minggu ini muka breakout. Kalau dilihat perbedaan kegiatan 2 bulan kebelakang dan beberapa minggu kemarin, selama 3 minggu kemarin aku trip nonstop dari villa - kampung - hotel. Kesimpulan simpelnya, kegiatan selama 3 minggu yang “berbeda” itu yang menyebabkan breakout seperti itu kan. Tapi coba kita cari tau lebih detail:

  1. Selama aku ke villa dan kampung, mungkin karena lama enggak ditempati sprei, sarung bantal, bedcover jadi jarang digunakan, dan jadi jarang diganti.
  2. Handuk. Selama di villa dan di kampung, aku menggunakan 1 handuk untuk semua. Biasanya aku menggunakan handuk badan dan handuk wajah yang berbeda, dimana handuk wajah ganti setiap hari.
  3. Air. waktu di villa aku merasa kalau minumku kurang. Karena memang villanya jauh, dan buat nyari air itu mager keluar.
  4. AC. karena di villa aku tidur sama adik sepupu yang harus dingin, selama ini aku tidur jarang ngidupin ac.
  5. Kurang tidur. Selama di kampung pagi-pagi sudah ramai, jadi ikut juga bangun pagi. Padahal malemnya begadang, jadi kurang tidur.
  6. Kolang renang kotor. Selama di villa aku merasa kolam renangnya kotor. Kita nyebur-nyebur aja di kolan renang itu.

Selama trip 3 minggu kemarin ada beberapa penyebab, mungkin bisa diurutin melihat riwayat breakout ku selama ini:

  1. Handuk, sprei dan kolam renang yang kotor mungkin penyebab bakteri masuk jadi jerawat.
  2. Kurang tidur, ini juga banyak diinternet karena kurang tidur bisa bikin timbul jerawat
  3. Kurang minum air
  4. Dingin

Penyebab jerawatan orang-orang itu berbeda-beda. Mungkin dengan melihat “kegiatan pembeda” sebelum breakout kalian bisa mengidentifikasi kenapa bisa jerawatan.

comments powered by Disqus