Free Write 5 Minutes: Witch Trial

· 2 minute read

Free Write 5 Minutes: Witch Trial

Tags: Free Write Date: September 24, 2021

Aku suka baca manga, sekarang waktu luang ku lebih sering baca manga daripada main game. Beberapa hari lalu aku nemu manga yang cukup menarik, latarnya di eropa tahun 1500an, dimana pemburuan “witch” masih ada.

Aku penasaran tentang witch hunt atau witch trial ini dan mulai riset2 singkat. Ternyata witch hunt ini beneran terjadi. Sebelum revolusi industri, witch hunt ini sangat umum di negara-negara eropa. Aksinya sama seperti yang kalian tau kalau kalian sering nonton film fantasi tentang witch.

Seorang wanita, yang dicuragi sebagai witch akan diburu, lalu dibunuh di depan banyak orang. Aku baca hampir puluhan ribu lebih korbannya, sampai revolusi industri muncul dan negara-negara mulai memerintahkan supaya witch hunt itu dihapuskan karena tidak terdapat banyak fakta mengenai keberadaaan witch ini.

Hal yang aku sorot dari sini adalah, dimana Ada 2 fakta menarik yang aku liat dalam kasus ini. Pertama, mengapa witch itu diburu, berarti segelintir orang merasa takut (?) atau membuat sebuah teror sendiri bernama “witch” untuk kepentingan mereka. Yang kedua, kepercayaan segelintir orang, tentang seorang wanita yang menjadi “witch” mempengaruhi khayalak banyak untuk ikut percaya bahwa “witch” itu ada dan wajib hukumnya untuk di bunuh di publik, dan sukses. Kenapa masyarakat bisa percaya? tentu selain ada paksaan, adanya ketidaktahuan. Kepercayaan dari luar bisa masuk ke diri kita salah satu faktornya karena ketidaktahuan. Kalau kita pernah seperti itu, menurutku kita dalam masalah.

comments powered by Disqus