Game dan identitas

· 4 minute read

Aku sudah kenal game, video game itu dari sangat-sangat early. Umur 3 Tahun deh kayaknya. Aku masih ingat waktu itu, tiap pagi subuh bangun tidur aku biasanya nontonin kakaku main video game. Aku consolenya lupa, tapi kayaknya itu nintendo. Umur 4 tahun, waktu tk aku punya SEGA. The most iconic SEGA game, sonic aku pernah mainin dan jadi game favorit waktu itu. Sonic, Contra.

Akhirnya pada waktu kelas 1 SD, aku inget aku ngerengek-rengek nangis ke ibu buat dibeliin PS 1. Dibeliin waktu itu. Dan akhirnya dunia game console terbuka lebar di aku. Game PS 1 banyak banget, dan disini beli dulu kalau gak salah 3500 per kaset. Sama seperti bekel harianku. Tiap minggu aku bakal mampir ke toko kaset PS langgananku, kadang dianter, kadang rambo naik sepeda bareng temen-temen.

Game favoritku yang sampai sekarang aku ingat itu Suikoden II. Bahkan creatornya, sedang melakukan crowdfunding itu merevive game baru yang mirip-mirip suikoden II buat para pencintanya. Bakal ku beli, katanya 2023 rilis kalau jadwalnya sesuai timeline.

Kelas 4 aku punya PS 2. Aku gak inget occasionnya apa tiba-tiba di beliin PS2. Yang jelas, pada saat itu, ini bener-bener futurisitc. Semua gamenya pada saat itu sangat-sangat wow. 3D model, open world, tidak ada yang bisa disaingi dari game PS 1.

Oh iya, setiap main video game dulu aku cuma dikasi main weekend aja. Jadi biasanya sabtu, pulang sekolah jam 11 aku bakal langsung main PS, naik ke kamar kakakku terus mondok disana sampai sore. Aku pernah curi-curi main PS, tapi seingetku enggak sering. Aku dan kakaku tau dimana ibuku menyembunyiin PS nya, terus dimainin waktu siang-siang waktu ibuku kerja hahaha.

Game PS 2 yang paling aku pingin main sejak beli adalah Dragonball budokai 3. Aku memang fans dragonball dari kecil, tiap minggu nonton dragonball di indosiar. Game ini bener-bener memanjakanku akan franchise dragonball yang aku fanskan. Salah satu game iconic lah buat franchise ini.

Oh tentu saja hampir lupa. Devil May Cry 3. Ini salah satu game hack and slash yang aku mainkan pertama kali. Langsung jatuh cinta, dan terus lanjut main di franchise terbarunya. Walaupun yang terbaru, yang katanya paling bagus, Devil May Cry 5 belum sempet aku mainin, udah beli tapi belum main.

Fast forward PS 3 muncul. Aku gak punya PS 3. Dan gamenya aku juga gak pernah main, pernah main COD aja diajakin rental sama temen. Dan ya, wow, peningkatan yang sangat tajam lah. Setelah PS 2, aku lebih tertarik untuk main game PC. Beberapa masa aku sempet main game online:

Game Online

Dan setelah punya laptop yang lumayan powerful waktu SMA, aku mulai install game dan lebih main itu. Kuliah, 2017 laptopku upgarde lagi jadi laptop gaming yang lumayan powerfull pada jamannya. Game AAA makin aku install install dan mainin lagi. Nioh, Tomb Rider, Dark Sider, Code Vein dll lagi banyak.

Fast forward ke masa sekarang. Pandemi membuat aku beli PS 4, karena harganya yang second lumayan jatuh waktu munculnya PS 5. Sensasi main PS aku jadi teringat kembali. Dan wow, memang gak ada ngalahin main game, di hardware yang memang diperuntukan untuk main game haha. Semenjak 2 tahun kurang, aku udah ada mungkin 20an kaset PS 4. Beberapa sudah aku tamat, beberapa aku drop ditengah jalan.

Game sudah jadi salah satu identitasku. Kalau denger fandy pasti orang terdekat tau aku yang memang suka main game. Tapi aku percaya main game itu memang semenyangkan itu. Kalau orang non gamer, dikasi papar game aja, setiap hari, sedikit-sedikit aku yakin dia akan suka main game juga. Sudah kucoba, pacar sekarang suka main mobile legend hahaha.

Awal tujuan aku masuk juruanku waktu kuliah adalah bisa bikin game. Sebagai gamer, bisa membuat game itu udah kayak dream come true lah. Tapi sampai saat ini, game development sedikitpun tidak pernah aku sentuh. Cuma suka cari tau aja. Setelah dicari tau, ternyata ribet, akhirnya gak jadi-jadi buat nyoba.

Oh iya, dan game ini juga menjadi industri yang perputaran duitnya kenceng. Orang-orang gila yang hobby ngegame memang gak tanggung tanggung spending money buat itu. Tapi gak papa. As a programmer aku tau bikin game bagus itu gak mudah, literally banyak komponen yang mesti di persiapkan. Satu game aja bisa 7 tahun dari inisialisasi sampai relase. Makanya worth the effort dah kalau misalnya gamenya mahal, dan orang-orang juga pada antusias buat beli.

Tulisan ini kayaknya yang terpanjang deh. Masih banyak pingin cerita mungkin bakal dilanjutin di tulisan-tulisan lain

comments powered by Disqus