Greedy Lagi

· 2 minute read

Oktober diakhiri dengan bull market crypto. Semenjak kasus Luna aku udah enggak mantengin lagi, tiap bulan cuma DCA. Serasa sudah punya sistem, mau naik turun akan tetap DCA. Tapi seketika ngeliat bull market kayak gini, keserakahanku muncul lagi. Tergiur lagi. Tiap hari pantengin chart. Rasanya mau all in aja.

Gimana kalo… gimana kalo…, pasti sekarang udah sekian…, yaaa khayalan-khayalan kayak gitu muncul lagi. Padahal aku sudah mengalami 3x siklus bear and bull market crypto, dan aku pikir aku bisa menghilangkan pemikiran seperti itu. Nyatanya tetap tidak. Greed adalah salah satu sifat manusia dasar, tertanam dan akan berusaha keluar apabila ada sensasi-sensasi penyebab dia keluar, salah satunya bull market ini.

Jadi jangan terlalu rendah diri, kita memang punya sifat natural serakah. Jangan jadikan ini bahwa kita memang belum menjadi pribadi yang baik. Rasakan sifat keserakahan yang muncul, dan gunakan pikiran sadar untuk menilai apakah situasi ini bisa dibiarkan atau harus ditahan.

Mostly sifat ini tidak bisa ditahan. Salah satu yang bisa menahannya adalah, lagi-lagi oh klise: kebiasaan. Dalam kasus investasi, baik crypto market atau stock market, cara yang ampuh untuk menangani sifat greed adalah dengan memiliki sistem yang kita ikuti. Dan di adjuzt sedikit demi sedikit apabila ada perubahan trend market.

DCA, salah atu dead simple teknik yang mungkin bisa dilakukan oleh pemula sekalipun. Nabung rutin tiap bulan, mau naik mau turun tetap nabung. Sekarang, hasil portoku yang DCA, dibandingkan portoku yang sok sokan baca market, jauh lebih ijo yang DCA.

Jadi miliki sistem, tidak terkecuali selain sistem berinvestasi finansial. Mungkin memang melewatkan beberapa kesempatan “win big”. Tapi selalu ingat, yang “win big” akan ada yang “lose big”, dan presentase orang yang win big jauh lebih kecil dari yang lose big. Dan presentase “win big” dengan orang yang “win in long term” jauh lebih kecil. “win in long term” lebih bisa digapai.

comments powered by Disqus