How I Keep Motivated

· 3 minute read

How I Keep Motivated

Tags: How to Date: December 20, 2020

Saya habis baca buku Motivational Hacker yang secara garis besar menceritakan bagaimana dia bisa termotivasi melakukan goals dia yang dengan waktu kita yang terbatas. Dia menciptakan persamaan motivasi yakni sbb:

Motivation = (Expectation x Value) / (Impulsivness x Delay)

  1. Expectation: Keyakinan keberhasilan dari kerjaan atau kegiatan untuk mencapai goals.
  2. Value: Seberapa besar reward dari goals ketika tercapai & seberapa menyenangkannya ketika kamu melakukan kerjaan/kegiatan tersebut.
  3. Impulsivness: Seberapa besar distraksi yang akan terjadi ketika mengerjakan kerjaan/kegiatan tersebut.
  4. Delay: Berapa lama kamu harus melakukan kegiatan tersebut hingga mencapai goalsnya.

Jadi semakin besar Expectation & Value dan semakin kecil Impulsivness & Delay maka motivasi kita akan semakin tinggi.

Contohnya misal kita ingin memliki tubuh yang ideal, untuk mencapai tubuh yang ideal kita ingin mencapainya dengan nge-gym.

Kita mulai dari Expectation. Seberapa besar keyakinan untuk mencapai tubuh ideal dengan nge-gym. Keyakinan kita bisa berasal dari teman atau saudara yang rutin nge-gym & terbukti memiliki badan yang ideal.

Value-nya. Bisa kita nilai dari seberapa besar keuntungan dari memiliki tubuh yang ideal ini. Mungkin dengan memiliki tubuh ideal kita percaya kita akan merasa lebih percaya diri bertemu dengan orang baru, atau dengan memiliki tubuh yang ideal kita percaya bisa mendapatkan privilege di lingkungan sosial. Selain itu sebarapa fun nanti kita akan nge-gym mungkin kita bisa nge-gym bareng teman.

Impulsiveness. Distraksi mungkin bisa dari tempat gym-nya terlalu jauh, atau kerjaan kantor yang padat. Atau mungkin kita punya mainan/console game baru yang membuat kita mengabaikan gym.

Delay-nya yakni, kita melihat teman kita seberapa lama dia rutin nge-gym hingga mendapatkan body yang ideal.

Berdasarkan contoh tersebut, konteks dari Expectation, Value dan Delay memiliki kesamaan, yakni parameter tersebut berdasarkan atas experience dari orang lain. Dimana hal itu bisa kita dapatkan dari komunitas.

Contoh lain lagi, misal saya ingin memiliki penghasilan tambahan. Dengan membuat side project.

Expectation, Value dan Delay bisa kita dapatkan dari komunitas. IndiHackers salah satunya. IndieHackers adalah forum komunitas indie developer. Disana para developer saling bercerita mengenai pengalaman mereka mengenai idea-validation, milestone, serta teknik-teknik mendapatkan user. Dari sini aku mendapatkan Expectation, Value dan Delay.

Untuk meningkatkan Value saya menggunakan Trello sebagai task management. Mengetahui aktifitas keep-on-track dan mengetahui task-task yang sudah done dan jadi merasa produktif.

Trello

Trello

Saya menggunakan WakaTime untuk me-record coding time, karena entah mengapa sangat memuaskan melihat grafik-grafik analytics dari kerjaan sehari-hari. Hal Ini membuat pengerjaan side project serasa menyenangkan.

Waka Time

Waka Time

Jadi buat kalian yang memiliki goal tapi tidak memiliki motivasi untuk mencapainya, saran saya adalah:

  1. Cari komunitas atau teman yang memiliki goals yang sama
  2. Start small, mulai dari hal kecil.
  3. Track your progress.

Terimakasih sudah membaca, semoga bermanfaat.

comments powered by Disqus