Identitas

· 2 minute read

Suatu kepercayaan, pemikiran dan ideology yang kamu percaya, sudah kamu serap, sering dilakukan yang akhirnya itu adalah sesuatu yang nempel banget sama kamu. Budi terpintar biologi, Didit paling kanan, Bob si paling tau kpoperz. Itu identitas. Identitas itu bisa sesuatu yang ingin orang lain kenal ke kita juga.

Memiliki identitas itu bagus. Pertama, itu akan bisa menjadi boundary yang bisa menangkis segala yang bertentangan dan mendekatkan yang sesuai. Kedua identitas itu bisa memberikan kita otoritas terhadap suatu hal, yang itu bisa menguntungkan kita di kehidupan bermasyarakat. Tapi biasanya, apabila identitas kita itu diserang atau di patahkan, kadang effectnya kita bisa ter-trigger sampai yang tidak masuk akal. Case yang paling sering terjadi ada di politik, agama dan ngefans artist.

Oleh karena itu, memiliki kepercayaan, pemikiran, ideology yang tidak sampai menjadi identitas itu ada bagusnya juga. Alasannya adalah kadang itu bisa obsolete. Dunia terus berubah, informasi baru terus berdatangan. Keadaanmu dulu sudah beda dengan keadaanmu saat ini. Perubahan diperlukan untuk beradaptasi. Tidak berpendirian? menurutku enggak juga. Pendiriannya adalah menjadi versi yang baru, harapannya lebih baik. Semakin menjadi identitas itu akan semakin susah untuk merubahnya. Biasanya bisa kelihatan sampai di level fisik. Makanya banyak orang bilang, jangan lah sampai terlalu banget, biasa-biasain aja.

Bentuklah identitas yang benar. Karena sangat bisa identitas yang mau kalian bentuk itu gak bener. Dari beneran yang gak bener hingga gak bener di mata society yang akhirnya hanya bikin merugi. Mau ngubah, butuh waktu dan tenaga, belum lagi gejolak dalam diri.

Terkesan darisini memiliki identitas itu lebih banyak ruginya. Enggak sih harusnya. Mungkin ada elemen kedewasaan yang bikin memiliki identitas itu bisa memangkas persentase kerugian yang bisa didapatkan. Misal, kita memiliki identitas A, ketika diserang, we just don’t care karena kita tau hal tersebut not worth to care. Kita yang lebih tau.

Aku sepertinya sudah pernah nulis ini, nanti aku link disini. Oh ini dia:

Merubah identitas

comments powered by Disqus