Impossible Bug

· 2 minute read

Udah lama aku gak nemu bug aneh seperti ini. Mungkin terakhir waktu di 2020-an, waktu kerjaan masih nyoba-nyobain, masih ngoprek-ngoprek tools tools yang uncommon.

Sejak november 2022 aku nemu bug ini. Bug yang aneh, sudah mencoba beberapa kali di fix dan akhirnya, malem ini aku pede bilang aku sudah menemukan workaroundnya. Cara yang paling ampuh untuk ngefix bug adalah, biarkan dan fix dengan cara yang tidak tergesa-gesa. Fix sedikit demi sedikit, monitor, fix lagi, monitor. Pelan-pelan tapi pasti, yang jelas beriterasi. Sudah dua bulan sejak bug ditemukan dan akhirnya malem ini 99% aku pede.

Well, tapi tentu saja bukan ideal world. Bisa saja bug itu sangat critical dan, kalian dituntut untuk ngefix bug dalam waktu yang singkat, waktu sudah bukan jadi teman lagi. Hal yang bisa kita lakukan berdasarkan pengalamanku untuk mempercepat bugfix adalah:

  1. Tanya, tanya, tanya. Jangan malu bertanya. Tanya temanmu, tanya seniormu. Gak usah malu. Persiapkan pertanyaan dan penjelasan sebaik mungkin. Kalau bisa tatap muka, kalau tidak bisa persiapkan dokumen yang mudah di baca dan ready untu di re-read. Walaupun let say mereka juga tidak pernah ketemu bug seperti ini tapi setidaknya mereka bisa memberikan sudut pandang ketiga terhadap code yang kita teliti. Bisa saja memberikan solusi secara direct, bisa indirect.

  2. Istirahat dulu. Ketika ada bug, kita memang tertrigger untuk langsung mencoba untuk fix. Duduk lama, berjam-jam secara intense. Yang akhirnya pada titik tertentu itu malah menjadi counter-productive, karena well kita jadi lelah. Istirahat dulu, sleep laptop, berdiri dan lihat keluar halaman. Istirahatkan mata dan pikiran. Balik lagi sejam kemudian.

comments powered by Disqus