Info KPR

· 1 minute read

Rule yang pertama dari KPR adalah, perbanyak DP. Dengan banyak DP, hutang juga semakin kecil, bunga yang mesti dibayarkan juga semakin kecil. Karena biasanya, apabila KPR rumah 1 Milyar, DP terendah dengan cicilan 25 tahun, total kita bayar bisa sampai 1 M 700 juta. Bayangkan, harusnya 700 juta bisa dibayarkan untuk bikin rumah anak kita. Bank dari sana nyari untungnya. Makanya hindari riba hahaha.

Tapi KPR sebenarnya juga bisa dicicil cicilannya, jadi let say kita ada hutang 700 juta. Yang rulenya nyicil 3 juta perbulan, bisa kita perbanyak jadi let say 10 juta pada bulan itu karena dapat bonus atau yang lain-lain, supaya lebih cepat kelar dan bayar bunganya lebih sedikit. Tapi biasanya kena denda. Well bank gak mau rugi. Tapi kalau dihitung-hitung, bisa-bisa dendanya lebih kecil kok dari bayar bunganya, which is nice.

Dari fakta ini, sad nya adalah cara jaman sekarang untuk memiliki property adalah dengan KPR. KPR membantu kita untuk keluar dari masalah, yang older generation perbuat haha, yang solusinya dibuat juga oleh older generation. Tapi mau gimana lagi, sejelek-jeleknya ku cerita tentang KPR, cara mentricknya again, gedein DP. Kalau bisa > 50% makin mantap. Sepertinya itu saja untuk tulisan ini.

comments powered by Disqus