Inovasi Pemudah Hidup

· 2 minute read

Masih ingat kah kalian hidup tanpa ride hailing apps, gojek grab? Masih ingat kah kalian hidup tanpa go/grab food? Itu masih sebentar lo, baru 7-8 tahun lalu! Tapi aku yakin kalian tidak mau kembali ke masa-masa itu.

Sekarang semua udah serba gampang. Nge-gojek dan Nge-grab udah menjadi kata kerja. Karena sudah terintegrasi dikehidupan sehari-hari, sudah menjadi kebiasaan sosial, yang sudah jadi keubutuhan.

Masih ingat dulu waktu mau merantau? Mesti kirim motor dari rantauan, dan kalau gak punya motor, mesti nebeng temen, atau nyari ojek pangkalan, atau taxi yang harganya sangat tidak linear dan adil? Tentu saja kita tidak ingin kembali kesana. Also, mana ada opang yang disuru antre makanan?

Inovasi yang mengubah kebiasaan manusia ini cukup perlu di appresiasi. Kalau kalian sadari, mereka itu cuma piece of software yang, wujud fisik nya aja gak keliatan loh. Tapi sangat se-impactfull itu. Gila ya dunia jaman sekarang. Yang tak berbentuk malah memberikan impact yang gede-gedean.

Internet? Jangan ditanya lagi lah. Masih mau kalian hidup dengan jaringan internet super mahal, dan super lelet. Dan bergantung penuh dengan pulsa yang jatuhnya jadi mahal untuk berkomunikasi? Tentu saja tidak.

Inovasi itu bisa datang darimana saja. Kalau inovasi yang sepertinya ini skalanya sudah besar. Wajib mereka dapat untung. Harusnya yang punya sudah jadi kaya.

Inovasi selama ini tidak akan pernah hadir tanpa adanya residu kerugian. Mau seinovatif apapun, pasti ada kerugian yang diberikan. Tentu saja dalam case gojek yang paling obvious adalah lapangan pekerjaan yang dilindas oleh inovasi ini. Inovasi mendatangkan pekerjaan baru, tapi pekerjaan lama jadi obsolete. Para pekerja mesti belajar lagi, update pengetahuan (dalam case ini: belajar pake internet & smatphone) supaya tidak ketinggalan jaman. Again, “tidak ketinggalan jaman” ini akan selalu menjadi reason atas solusi dari kerugian yang diciptakan oleh inovasi.

Cost untuk ber-inovasi sekarang sudah sangat tereduksi. Coba liat, ada masalah apa disekitar kalian yang perlu ada solusi baru? Buatkan inovasi, masalah selesai, siapa tau bisa di monetisasi juga, double win.

comments powered by Disqus