Itu bukan trending

· 2 minute read

Mbokku tiap hari, selalu nyamperin aku buat nyeritain tentang perkembangan kasus sambo. Karena dia setiap hari nonton di youtube sambil melakukan pekerjaan. Pernah ada satu moment kayak gini: “Ih si A ini gonta ganti mulu pernyataannya”. Ngomong ke aku, seolah-olah aku tau si A. “Siapa A”, aku tanya gitu. “Itu lo, pembantunya si Sambo, masa gak tau”. Ya mana aku tau, aku gak ngikutin.

Tapi ini memang bias yang nyata. Ibarat kita mengonsumsi sesuatu yang, memang terlihat seperti sesuatu yang viral dan public consumption, tapi sebenarnya banyak-banyak orang yang tidak mengonsumsi itu. Kita terus-menerus terpampang informasi tersebut sehingga kita lupa kalau itu tuh gak trending di seluruh dunia.

Mungkin ini masih terpengaruh jaman TV dulu. Entertainment cuma tv, semua orang 90% nonton tv, tentu kita tau gosip dan perkembangan kriminal dan lain-lain. Channelnya cuma itu-itu aja, dan biasanya kalau berita viral, mayoritas channel pasti menampilkannya. Tapi sekarang udah enggak. Youtube ada jutaan channel yang siap kita tonton, video trending? Oh tentu saja cuma sebagian kecil masyarakat yang menyaksikan. Kita bisa milih apa yang mau kita tonton, bukan dipilihin buat nonton.

Minggu lalu aku main ke rumah temen, cerita tentang macem-macem dan sampai di topik AI Generated Image. Ternyata temenku juga pada gak tau. Padahal aku tiap hari ngeliat info itu di twitter. Di momen ini aku langsung merasa, apa yang aku jelaskan di tulisan ini.

comments powered by Disqus